Dua Jenis Peta Digital, Wajib Tahu Buat Mudik Lebaran

Nabiel Giebran El Rizani - Jumat, 15 Juni 2018 | 08:00 WIB

Aplikasi smartphone buat perjalanan liburan (Nabiel Giebran El Rizani - )

Jip.co.id - Banyak aplikasipeta digital yang tersedia bagi pemilik smartphone, ini berguna saat melakukan perjalanan mudik.

Ada dua jenis aplikasi peta digital yang diperuntukkan bagi smartphone, yaitu peta digital offline dan online.

Kelebihan dari peta digital online, informasi yang didapat pasti akan selalu yang terbaru karena selalu mendapatkan data terbarukan dari server pusat.

Namun, peta online bukan tanpa kekurangan, peta ini memerlukan koneksi sinyal bagus agar dapat tetap digunakan secara maksimal.

Selain itu dikarenakan perlu mempertahankan koneksi data secara stabil, hal ini akan menguras durasi baterai dari smartphone.

(BACA JUGA: Saat Ingin Memasang Roof Rack di Mobil Perhatikan Hal Ini)

Sedangkan untuk peta offline, kelebihan yang didapatkan adalah kebalikan dari peta online, Anda dapat mendapatkan posisi keberadaan dimana Anda berada walau tidak ada sinyal.

Itu karena peta offline mengharuskan penggunanya untuk mengunduh peta dari suatu negara atau kota pada awal penggunaannya.

Kekurangan yang harus dihadapi pengguna peta digital offline adalah, informasi yang terdapat pada peta terkadang tidak update, dikarenakan peta akan baru mendapatkan informasi terbaru jika mendapatkan update dari developer-nya.

Selain itu adalah tidak berfungsinya beberapa fitur seperti informasi kondisi lalu lintas dan navigasi arah tidak akan tampil jika, karena agar fitur-fitur tersebut dapat berfungsi di smartphone tetap dibutuhkan koneksi data dengan memasukkan data tentang informasi tersebut.