Jangan Sampai Salah Pilih Oli Mesin, Bisa Bantu Konsumsi BBM Jadi Irit

GBRN,Radityo Herdianto - Kamis, 14 Juli 2022 | 10:06 WIB

ILUSTRASI. Ganti Oli Mesin Mobil (GBRN,Radityo Herdianto - )

Jip.co.id - Pemilihan jenis oli sepatutnya disesuaikan dengan spesifikasi mesin mobil yang digunakan.

Seperti mobil sekarang yang cenderung butuh oli mesin encer synthetic base untuk mendukung kerja mesin mobil lebih kompleks.

Sisi positif lainnya adalah, diungkapkan oleh Arief Hidayat, CEO dan Founder Wealthy Group bahwa oli mesin yang tepat bisa menjaga konsumsi BBM tetap irit.

 

"Pelumasan yang baik menjaga kerja mesin tetap ringan," sebutnya dalam talkshow bertajuk 'Bagaimana Memilih Oli yang Tepat untuk Mobil Saya?' di Damai Indah Golf Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. 

"Beban kerja mesin ringan, otomatis konsumsi BBM yang dibutuhkan lebih efisien," terusnya.

Arief menilai pelumasan yang baik dipengaruhi langsung dari viskositas oli.

Viskositas oli mesin menentukan seberapa cepat dan menyeluruh oli bisa masuk ke celah komponen.

Baca Juga: Suka Ganti Filter Oli Mesin Mobil Pakai Produk Palsu, Ini Dia Efeknya

"Celah komponen yang terlapisi oli secara menyeluruh mereduksi friksi yang bisa memperberat gerak komponen," terang Arief.

"Jika kerapatan mesin kecil dipakai oli mesin dengan viskositas tinggi maka kekentalannya tidak bisa meresap ke celah komponen dan memperbesar friksi," terusnya.

Begitu juga base oil yang dipakai saat ini rata-rata sudah synthetic base dengan aditif untuk mendukung pembakaran mesin.

"Oli mesin melapisi dinding silinder, fungsi aditif oli seperti demulsifier menjaga pembakaran di ruang bakar tetap optimal dan sedikit menyisakan residu karbon," jelas Arief.