Suzuki Jimny Tampang Standar, Padahal Siap Off-Road Extreme!

Bimo SS - Rabu, 31 Agustus 2022 | 11:10 WIB

Modifikasi Suzuki Jimny (Bimo SS - )

Jip.co.id - Sekilas, tampilan Suzuki Jimny 1986 ini terlihat biasa saja, tidak ada yang istimewa. Hanya terlihat winch dan ban kasar sebagai identitas Jimny off-road.

Body aslinya pun masih dibiarkan utuh oleh pemiliknya.

“Sengaja saya biarkan utuh, karena konsep awalnya bangun Jimny ini untuk turing adventure off-road saja”, ujar M. Iqbal Syarif sang pemilik.

Masuk akal, karena keluar masuk hutan dengan rentang waktu yang cukup panjang butuh performa mobil dan penumpang yang prima.

Dengan body standar, serangan hujan, ranting, maupun serangga bisa diminimalkan. Secara tidak langsung membantu stamina driver dan co-driver.

Dok. JIP
Mesin Suzuki Jimny ditukar comotan Suzuki Vitara EPI, dilengkapi Haltech F10 stand alone sebagai ECU.

Performa untuk penumpangnya sudah diperhitungkan, begitu pula dengan performa si Jimny. Iqbal fokus ke sektor tenaga dan kaki-kaki.

Mesin bawaan F10A diganti dengan copotan dari Suzuki Vitara EPI. Output power pun lebih besar dan lebih pede saat posisi miring karena sudah injeksi. Untuk girboks memakai milik Suzuki Futura.

Racikan kaki-kaki pun tidak terlalu radikal, secukupnya saja. Gardan masih bawaan Jimny.

Dok. JIP
Bemper depan Suzuki Jimny ini diganti custom dari pipa seamless, dan dipasangi winch Warn 8000Ti

Bagian suspensi diracik dengan memasang per daun Ironman, sokbreker Fabtech dibagian depan, dan sokbreker Old Man Emu dibelakang.

Tidak lupa juga Iqbal menambahkan rollbar 6 titik untuk safety-nya.

Baca Juga: Cara Membersihkan Filter Udara Pada Mesin Diesel Modern