Kaki Kekar & Tangguh

Kamis, 18 Mei 2017 | 20:00 WIB

JIP - Semakin berat spesifikasi jip off-road yang diinginkan, maka sangat disarankan untuk mengupgrade gardan. Terlebih, saat tunggangan off-road kita mengalami perubahan spesifikasi dari standarnya. Seperti mengubah ukuran ban, menambah tenaga mesin, bobot kendaraan bertambah berat, dan beban kondisi trek. Hitungan kekuatan gardan dari pabrik kendaraan pasti gak akan memadai lagi kapasitasnya.

Imbasnya, risiko kerusakan pada gardan akan semakin besar. Dan sudah jadi hal lumrah, tunggangan off-road diupgrade gardannya dengan perangkat heavy duty. Gardan OEM (Original Equipment Manufacturer) yang tadinya lemah, pun jadi lebih tangguh untuk off-road. Bahkan untuk langkah lebih ekstrem, tak sedikit off-roader mengganti gardan original tersebut dengan produk gardan aftermarket.

Namun gardan OEM juga menjadi favorit untuk dipasangkan pada mobil lain, dengan alasan efisiensi, hingga mengejar kekuatan yang sudah terukur dengan presisi di pabrikan. Untuk itu, kami juga memberikan pilihan favorit gardan OEM berikut ini.

Dana 44

Salah satu gardan paling populer di kalangan penggemar jip. Dana 44 digunakan di berbagai merek dan model. Di Indonesia, Dana 44 digunakan Jeep CJ, Wrangler (XJ, TJ dan JK), Cherokee dan Grand Cherokee. Bahkan di luar negeri, beberapa model Ford Bronco, F-series dan Chevrolet Blazer juga menggunakan Dana 44. Dana 44 terkenal lantaran ketangguhannya dan teruji lebih dari 50 tahun.

Salah satu gardan paling populer

Dana 60

Dana 60 pertama kali digunakan pada dekade ’70-an oleh Jeep, Chrysler, Dodge, Chevrolet dan Ford. Aplikasi umumnya pada jip dan pikap. Dana 60 juga banyak tersedia versi aftermarketnya, dengan penggunaan bahan chromolly, locker atau limited slip differential. Dana juga melansir Super 60 atau S 60 untuk gardan depan dengan as roda dan rack & pinion lebih tebal dan kuat.

Dana 70

Versi heavy duty dari Dana 60 ini umumnya digunakan untuk truk medium. Dana 70 memang diproduksi untuk gardan belakang, meski ada beberapa produksi terbatas untuk gardan depan. Keunggulannya adalah Dana 70 sudah menganut full floating yang lebih kuat, selain itu ban masih bisa berjalan ketika as roda patah.

GM 12-Bolt

Editor : inne
loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA