MENGENAL SI MONSTER, MESIN V8 AMERIKA UNTUK KOMPETISI

Selasa, 6 Juni 2017 | 12:26 WIB

JIP - Mesin V8 tak hanya milik penggemar hot rod atau muscle car, karena sejatinya, jip menjadi salah satu kendaraan populer yang mengadopsi mesin bongsor tersebut. Baik untuk harian maupun kompetisi. Maka dari itu, “Meski populasi mesin V8 tak sebanyak mesin tipe lainnya, tetap memiliki penggemar tersendiri. Sehingga, ketersediaan mesin V8 tetap diburu oleh para penggemarnya,” ujar Agam, punggawa gerai mesinV8_indonesia dan www.mesinv8.com ini.

Namun untuk kompetisi, varian mesin V8 buatan Amerika kini sudah banyak di temui di Tanah Air. Kalau untuk kompetisi, mesin V8 buatan General Motors lah yang kini paling populer, bahkan GM LS series sudah banyak populasinya karena rata-rata untuk speed offroad lantaran tenaganya buas kayak monster,” tambah Galih Laksono, punggawa workshop G-Speed Radio Dalam, Jakarta Selatan.

Kenali karakternya agar bisa optimal di lintasan speed offroad

Seperti pada kompetisi speed offroad misalnya, beberapa kendaraan tubularnya yang berlaga di kelas FFA sudah banyak yang mengusung mesin V8 Chevrolet performa tinggi dari keluarga LS series, seperti LSX, LS7, dan LS3, Bahkan menurut kabar, tenaga yang dihasilkan dari mesin LSX yang terpasang di kendaraan tubular milik H. Sam mampu menyemburkan tenaga sekitar 1000 dk. Wow…

Menarik memang jika melihat perkembangan tren mesin V8 untuk kompetisi. Mari kita mengenal tiga mesin V8 yang paling banyak diandalkan pada lintasan speed offroad berikut ini.

GM LS3

Pertama digunakan pada Chevrolet Corvette C6 Z06 pada 2008. LS3 merupakan bagian keluarga mesin V8 LS series yang menggunakan material aluminium pada blok dan kepala silinder. Kapasitasnya mencapai 6.200 cc dengan perbandingan kompresi cukup tinggi, yakni 10,7:1. Tenaga puncaknya mencapai 430 hp dan torsi 575 Nm.

GM LS3

Karakternya memang khas mesin V8 bongsor, torsi pada putaran bawah begitu melimpah yang justru menyulitkan pengendaliannya. “Menurut gue, mesin GM LS3 paling bandel yang enggak pernah rewel ketimbang mesin V8 generasi LS lainnya. Selain itu harganya lebih murah,” ujar Julian Johan, offroad yang menggeber Jeep Grand Cherokee dengan menggunakan mesin LS3.

GM LS7

Mesin V8 yang sedang naik daun serta menjadi favorit baru di kalangan speed offroader. Mesin LS7 ini dibuat oleh General Motors dan menjadi salah satu keluarga mesin V8 GM yang menggunakan material aluminium pada blok dan kepala silinder. Kekuatan utamanya adalah kapasitas mesin yang super besar, yakni 7.000 cc yang diambil dari keluarga mesin big block GM, 427.

GM LS7

Mesin V8 ini sudah menggunakan material titanium pada setang piston dan valve-nya. Sementara pistonnya menganut hypereutectic. Sehingga memiliki bobot yang ringan. Tenaga standarnya mencapai 505 hp dan torsi 640 Nm. Namun dengan tambahan supercharger atau twin turbo, tenaga dengan mudah naik menjadi 600 hingga 1.000 hp. “Tapi perhatikan pada bagian kepala silinder, mesin LS7 rentan jebol pada valvetrain-nya terlebih ketika sudah pakai turbo atau supercharger,” wanti Galih.

Editor : inne

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA