Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Restorasi, Daihatsu Taft F10 1978. Cabe Ijo

Senin, 31 Juli 2017 | 21:53 WIB
No caption
No credit
No caption

JIPDaihatsu Taft tipe F10 merupakan generasi pertama yang diperkenalkan tahun 1974 sampai 1979. Namun di Indonesia, F10 diluncurkan pada tahun 1976.

Tak heran jika populasinya yang sedikit menjadi buronan para pecinta Taft bensin, meski popularitasnya memang tak seheboh F50.

Memang tak banyak orang tahu bahwa Taft adalah singkatan dari Tough Almighty Fourwheeldrive Transport. Yaps, di sini lebih familiar dengan istilah Taft Kebo.

No caption
No credit
No caption
Pria bernama lengkap Nur Hidayat Dullah itu mengaku meski jipnya tua namun jarang rewel.

Sejak lama, pria yang akrab dipanggil Mas Doel ini sudah mengincar Taft Kebo bermesin bensin. "Dulu pertama pake Taft Rocky, tapi malah beralih pengin punya Taft bensin, suara mesinnya lebih halus.

Pernah juga sempet pengin hardtop (FJ40), dirasa kebesaran buat ukuran badan saya yang kecil, jadi nggak sesuai.

Hehe.. Saya pikir apa ya yang cocok dengan saya tapi mesin bensin, akhirnya saya pilih F10," cetusnya. Baginya, F10 lebih kelihatan garang dibanding tipe Taft lainnya.

No caption
No credit
No caption
Walau dipakai harian, ban Good year tipe Xtra Grip sengaja dipasangkan karena terkadang si pemilik memakainya di trek offroad
No caption
No credit
No caption
Lebih gagah jika diatas bumper dilengkapi dengan winch, tak perlu kuatir di medan offroad. Gril dengan motif menyilang menjadi ciri khas Taft bensin. Lampu sein berbentuk persegi masih dipertahankan meski tampak kusam

Di mana ada niat, di situ pasti ada jalan. Mas Doel mengaku tak kesulitan mencari incarannya. "Siang itu saya main ke bengkel punya Agung, teman saya yang juga biasa jual beli mobil, dapat info dia punya F10.

Saya niat ke sana untuk lihat barangnya", ungkap Mas Doel dengan aksen Jawa. Tanpa negosiasi yang pelik, jip Daihatsu tersebut pindah tangan.

"Beruntung karena saya emang pengin yang standaran. Lihat mobil restorasi itu seperti penyegaran", imbuhnya.

No caption
No credit
No caption
Fitur pada dashboard yang masih dibanggakan pada jip sekelas Taft F10 hanya Tape Kaset dan 3 indikator dibalik stir. Door trim minimalis dan desain dashboard masih sederhana, tentunya tidak merepotkan dalam perawatan.
No caption
No credit
No caption
Tuas transmisi 4 speed dan tongkat penggerak 4WD menjadi fitur utama yang masih banyak dipakai dan cukup tangguh di trek offroad.

Meski kondisi Taft F10 idamannya standaran, namun Mas Doel masih memiliki keinginan mengembalikan aksesori baru dan asli.

Editor : inne

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa