Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Suzuki Katana Multifungsi, Jago di Trek Dan Juga Sebagai Pusaka Toko

Selasa, 1 Agustus 2017 | 22:34 WIB
No caption
No credit
No caption

JIP - Pepatah kuno ‘sekali dayung dua-tiga pulau terlalui’ mungkin cocok disematkan pada sosok Suzuki Katana SJ410 yang satu ini.

Betapa tidak, Jimny satu ini memiliki peran ganda sebagai display atau etalase bagi Ade Muhammad Arbi yang menggeluti jual beli aksesori Jimny.

Sedangkan di sisi lain, Jimny ini juga menjadi media pelepas ketegangan dari rutinitas sehari-hari.

No caption
No credit
No caption
Suzuki Katana SJ410 2001
No caption
No credit
No caption
Mesin bervolume 970 cc tetap tegar berada di dalam engine bay. Kondisinya pun tetap dipertahankan standar. Namun demikian untuk meringankan putaran mesin dipasanglah elektrik fan milik Suzuki Karimun.
No caption
No credit
No caption
Sementara kap mesin dengan air scoop ciri khas JA11 dipilih menggantikan posisi kap mesin asli.
No caption
No credit
No caption
Girboks manual 5 percepatan asli tidak diutak-atik. Tetapi berbeda dengan tranfercasenya. Lantaran aslinya merupakan jip 4x2, supaya menjadi 4x4, transfercase pun diganti milik JA11. Sekadar info, transfercase JA11 memiliki rasio yang sama dengan SJ410.
No caption
No credit
No caption
Walaupun temanya fokus pada JA11, namun sepertinya godaan barang langka seperti jok milik JB31 edisi Sierra Design susah ditolak.
No caption
No credit
No caption
Selebihnya, mulai dari doortrim, dasbor hingga seatbelt menggunakan milik JA11.

“Bagi aku, Jimny ini memiliki arti tersendiri. Sebagai kawan yang mendukung profesi dan juga sebagai pelepas jenuh,” terang suami dari Siti Namira ini.

“Artinya para pelanggan bisa melihat hasil kerja dan taste yang kami punya, sementara di waktu lain saya, istri dan anak-anak menganggap jip ini sebagai sarana rekreasi dan pelepas jenuh.

Tak melulu dipakai jalan-jalan, sekadar mencucinya bareng-bareng sudah menjadi kebahagiaan tersendiri bagi kami,” jelas ayah dari Bintang, Embun dan Langit ini.

No caption
No credit
No caption
Tak melulu dipakai jalan-jalan, sekadar mencucinya bareng-bareng sudah menjadi kebahagiaan tersendiri bagi kami
No caption
No credit
No caption
Per daun milik JA11 seolah tidak mau ketinggalan ikut serta dalam andil terciptanya konsep modifikasi yang kental akan nuansa JA11 ini.
No caption
No credit
No caption
Gardan belakang seutuhnya masih mengandalkan gardan bawaan asli kendaraan, sedangkan gardan depan mengambil selongsong gardan JA11 dan membenamkan final gir dengan rasio 37/9 (4.111 : 1) sama seperti gardan belakang.

Demi fokus pada tema, maka pintu belakang asli harus rela dilengserkan dan diganti dengan pintu JA11. Perbedaan signifikan ada pada motif cekungan pada pintu. Versi Katana menggunakan  cekungan dengan motif yang lebih lebar, sementara versi Jepang menggunakan motif yang lebih sempit. Perbedaan lainnya ada pada kaca. JA11 telah dilengkapi dengan defogger.

No caption
No credit
No caption
Pintu belakang asli harus rela dilengserkan dan diganti dengan pintu JA11
No caption
No credit
No caption
Tanpa kehadiran bumper yang satu ini, maka proses transformasi dari SJ410 ke JA11 tak akan berarti. Bumper ini hanya dipakai oleh JA11 saja dan desainnya berbeda dengan Jimny Gen II lainnya.

Hasil perburuan panjang menghasilkan pelek aftermarket lansiran Victory Auto dengan diameter 16 inci. Pelek ramping ini dibungkus pula dengan ban ramping ukuran 195 x 80/16. Dengan demikian penampilan modifikasi ala JDM semakin kental.

No caption
No credit
No caption
Pelek ramping ini dibungkus pula dengan ban ramping ukuran 195 x 80/16
Kaca spion JA11 nampak bertengger pada posisinya dan semakin menegaskan arah modifikasi ini.

Oleh karenanya, walau tidak sedikit yang berminat meminangnya dan memberi iming-iming tawaran menggiurkan, Arbi selalu bersikukuh mempertahankannya.

“Jimny yang satu ini memang bukan Jimny pertama kami. Namun dari sekian Jimny yang pernah ada, yang satu inilah yang memiliki makna lebih, yakni sebagai pusaka toko dan keluarga,” kekeh Arbi menutup obrolan. Suryo Sudjatmiko

Editor : inne

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa