Berkat pengorbanan materiil dan juga spiritual, jadilah Bushido dari Jawa

Kamis, 3 Agustus 2017 | 22:02 WIB

JIP - Bushido berasal dari nilai-nilai moral samurai, paling sering menekankan beberapa kombinasi dari kesederhanaan, kesetiaan, penguasaan seni bela diri, dan kehormatan.

Secara garis besar Bushido ditandai dengan 7 unsur yakni, kesungguhan, keberanian, Kebajikan, Kejujuran, penghargaan, kehormatan dan kesetiaan

. Melalui semangat seperti inilah lahir sebuah modifikasi yang menggunakan Suzuki Grand Vitara sebagai ‘kanvas’nya.

Bushido dari Jawa
Tampak belakang Bushido

Kecintaan Nur Samsir pada merek Suzuki sudah terpatri cukup dalam, sehingga chief engineer perkapalan ini pun ingin memiliki sebuah masterpiece yang dibangun di atas SUV kasta teratas yang dimiliki Suzuki.

Tak salah jika pilihannya jatuh pada sosok Grand Vitara 2.4 liter.

Suami dari Jenna Kiat ini menginginkan SUV masterpiecenya berpenggerak 4x4 dengan spesifikasi superior.

“Tidak sekadar modifikasi, namun lebih dari itu. Sebagai seorang engineer menjadikan Grand Vitara matik berpenggerak 4x4 dan memiliki spek off-road yang lumayan, namun tetap nyaman, bukanlah suatu yang mustahil.

Semua sifatnya mekanikal jadi kemungkinan untuk diwujudkan cukup besar,” tutur ayah dari 3 anak ini.

Mesin 4 silinder 2.4 liter tidak banyak diutak atik. Untuk mendongkrak torsi, cukup diganjal dengan throttle body spacer lansiran Raser. Torsi pun terkoreksi menjadi lebih besar di putaran mesin rendah.

Namun Samsir pun sadar, bahwa untuk mewujudkannya bukan perkara mudah. Untuk menjadikannya sebagai 4WD bisa saja mencomot perangkat 4x4 lengkap dari kendaraan sejenis yang beredar di luar negeri.

Namun ia bersikeras menggunakan t-case milik Vitara V6 lawas karena merupakan t-case part-time dan bisa diupgrade gigi L-rangenya dengan perbandingan rasio yang sangat ekstrim.

Editor : inne
loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA