Wujud Sama, Fungsi Berbeda

Selasa, 8 Agustus 2017 | 17:04 WIB

JIP - Dalam off-road, sebuah alat penghubung berjenis tali memang sangat bermanfaat. Mulai dari mengikat beberapa perangkat di kendaraan atau mendirikan tenda kemah.

Dan yang paling penting, tali ini sangat bermanfaat untuk recovery kendaraan. Namun yang paling dianjurkan untuk recovery adalah jenis strap.

Saat recovery kendaraan off-road yang terjerembab di obstacle, strap jadi alat yang paling berguna. Untuk menyambung winch ke winching point,

atau disangkutkan pada kendaraan lainnya. Namun strap yang digunakan pun harus benar perlakuannya, jangan sampai salah pilih jenis dan bahan strap.

Karena salah satu momen paling berbahaya dalam off-road adalah saat recovery. Ini tidak bisa ditoleransi dan harus teliti, kalau tidak mau celaka.

Tidak sedikit kejadian fatal saat off-road, datang dari proses recovery yang keliru. Agar lebih aman lagi, sebaiknya pakai strap yang sudah bersertifikasi dan dilengkapi spesifikasi yang sesuai.

Ada beberapa merek strap yang sudah punya sertifikasi dan spesifikasi yang jelas. Ini sangat direkomendasi untuk alat recovery.

Beberapa produk itu seperti Warn, ARB, Smittybilt, Ironman, TJM, Masterpull, T-Max, dan banyak lainnya.

Saat ini ada tiga jenis strap yang digunakan untuk off-road. Tiga jenis strap ini punya fungsi masing-masing, dan tidak boleh digunakan diluar fungsinya.

Dan hanya ada dua jenis bahan yang direkomendasi untuk off-road, yaitu polyester dan nylon. Apa saja jenis strap tersebut, mari disimak… Rindra Pradipta

Editor : inne

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA