Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Wujud Sama, Fungsi Berbeda

Rindra - Selasa, 8 Agustus 2017 | 17:04 WIB
No caption
No credit
No caption

JIP - Dalam off-road, sebuah alat penghubung berjenis tali memang sangat bermanfaat. Mulai dari mengikat beberapa perangkat di kendaraan atau mendirikan tenda kemah.

Dan yang paling penting, tali ini sangat bermanfaat untuk recovery kendaraan. Namun yang paling dianjurkan untuk recovery adalah jenis strap.

Saat recovery kendaraan off-road yang terjerembab di obstacle, strap jadi alat yang paling berguna. Untuk menyambung winch ke winching point,

atau disangkutkan pada kendaraan lainnya. Namun strap yang digunakan pun harus benar perlakuannya, jangan sampai salah pilih jenis dan bahan strap.

Karena salah satu momen paling berbahaya dalam off-road adalah saat recovery. Ini tidak bisa ditoleransi dan harus teliti, kalau tidak mau celaka.

Tidak sedikit kejadian fatal saat off-road, datang dari proses recovery yang keliru. Agar lebih aman lagi, sebaiknya pakai strap yang sudah bersertifikasi dan dilengkapi spesifikasi yang sesuai.

Ada beberapa merek strap yang sudah punya sertifikasi dan spesifikasi yang jelas. Ini sangat direkomendasi untuk alat recovery.

Beberapa produk itu seperti Warn, ARB, Smittybilt, Ironman, TJM, Masterpull, T-Max, dan banyak lainnya.

Saat ini ada tiga jenis strap yang digunakan untuk off-road. Tiga jenis strap ini punya fungsi masing-masing, dan tidak boleh digunakan diluar fungsinya.

Dan hanya ada dua jenis bahan yang direkomendasi untuk off-road, yaitu polyester dan nylon. Apa saja jenis strap tersebut, mari disimak… Rindra Pradipta

Editor : inne

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa