Cheetah Dari Negeri Paman Sam

Selasa, 8 Agustus 2017 | 10:31 WIB

JIP - Keterlibatan Lamborghini dalam membuat SUV tak bisa dipisahkan dari kehadiran Lamborghini Cheetah.

Jip konsep ini tidak lahir di Italia, namun dibuat di San Jose, Amerika Serikat. Awal muasal lahirnya Cheetah tak lain karena kebutuhan militer Amerika akan sebuah kendaraan serbu ringan, yang mampu bergerak dengan kecepatan tinggi yang diterjunkan di segala medan.

Awalnya MTI (Mobility Technology International) dikontak pihak militer Amerika untuk mewujudkannya.

Pada tahun 1970 MTI kemudian menggandeng Lamborghini untuk melakukan pengembangan. Dari kerjasama itu kemudian lahir prototipe XR311.

Kendaraan ini dibangun di atas sasis besi tubular dengan balutan bodi fiberglass. Sementara mesinnya menggunakan V8 5.900cc buatan Chrysler yang mampu menyemburkan daya 180 hp dengan girboks 3 speed otomatis.

Mesin V8 5.900cc buatan Chrysler yang mampu menyemburkan daya 180 hp dengan girboks 3 speed otomatis.

Mesin ini dipasangkan pada bagian belakang kabin penumpang, sehingga mampu memberikan ruang yang cukup lega untuk empat orang, termasuk pengemudi. Sayang sekali, karena komposisi letak mesin ini, kendaraan prototipe yang hanya sempat dibuat 1 unit ini memiliki handling yang buruk.

Terlebih saat dipergunakan pada medan off-road. Bahkan disebutkan bahwa secara keseluruhan kinerjanya cukup mengecewakan.

Nasib prototipe ini kemudian terkatung-katung, lantaran proyek tersebut tidak lagi dilanjutkan oleh pemerintah Amerika Serikat pada saat itu.

Kisah Cheetah pun harus kelar dengan sangat tragis. Namun pada akhirnya proyek militer dialihkan pada AM General yang kemudian melahirkan HumVee,

yang memiliki beberapa kemiripan dengan Cheetah, terutama pada suspensi independennya.

Editor : inne

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA