Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Utilitas, Bikin Listrik Tahan Air. Membuat Sistim Kelistrikan Anti Air

Senin, 31 Juli 2017 | 00:28 WIB
No caption
No credit
No caption

JIP - Musuh utama jip bermesin bensin alias gasoline adalah air. Jika sampai sitim kelistrikan terkena air, baik itu delco, kabel busi, terminal kabel, dan lainnya, bisa dipastikan mesin akan mendadak mati dan tidak bisa dihidupkan kembali sebelum air yang menjadi penyebab dikeringkan.

Tentu masalah sepele ini menjadi tidak lucu jika munculnya kala sedang asyik melumpur dan “berendam” di trek. Oleh sebab itu, sebelum masuk trek ada baiknya jip kesayangan sudah diset-up anti air.

No caption
No credit
No caption
7ANT Multi Care

CUKUP SEMPROT

Untuk membuat jip kesayangan anti air, tidak perlu hoboh dan riweuh tambal sana-sini, lem sana sini, juga membalutnya dengan sealent. Cara seperti itu selain sulit pengerjaannya, boros biaya, juga hasilnya tidak sedap dipandang mata, bahkan kerap kali gagal karena air tetap saja bisa masuk melalui celah-celah kecil yang tak kasat mata. Tapi jika menggunakan 7ANT Multi Care, hal itu semua tidak akan ditemui.


Jujur saat Jip melakukan percobaan extreme ini agak ragu, sebab yang menjadi kelinci percobaan adalah Katana Long BRI milik teman yang masih serba standar, dan komponen di sektor mesin masih banyak menggunakan parts lawas bawaan mobil, termasuk delco (distributor), kabel-kabel kelistrikan, dan kabel busi yang sudah retak-retak termakan usia. Juga 7ANT Mukti Care ini belum pernah dicoba oleh Jip sebelumnya

No caption
No credit
No caption
Uji coba 7ANT Multi Care

Oleh karenanya, supaya tidak terlalu berisiko, percobaan pertama dilakukan pada delco. Kabel busi di delco dicopot semua lalu disemprotkan 7ANT Multi Care, begitu juga pada penampang pertemuan tutup delco dan bodi delco. Setelah semua dipasang kembali pada tempatnya, bodi luar delco disemprot kembali dengan 7ANT Multi Care.

Setelah 2 menit mobil dihidupkan, lalu delco disiram air dari botol air kemasan 600 ml yang tutupnya sudah dilubangi. Hasilnya mesin tetap hidup normal. Tidak puas. Tutup botol air mineral dibuka, dan delco disiram air dari botol air mineral yang sama. Mesin tetap hidup normal tidak ada kendala. Kurang puas. Delco pun disemprot air bertekanan tinggi. Mesin tetep hidup dengan sempurna di RPM 700.

Penasaran, delco platina dibuka, bagian dalamnya disemprot 7ANT Multi Care. Setelah 2-3 menit, delco disiram air bertekanan tinggi dari slang air yang terhubung dengan pompa air PS 130 BIT yang mempunyai daya dorong 24 meter. Setelah dipastikan semua bagian dalam delco dan platina termasuk kabelnya basah. Delco ditutup kembali. Mesin kembali dihidupkan, dan hasilnya, jreng mesin langsung menyala normal.

No caption
No credit
No caption
Semprotkan 7ANT Multi Care pada bagian mesin yang rentan terhadap air

Semakin penasaran, bagian luar delco kembali disemprot air beretakan tinggi dari selang air yang sama, dengan sasaran semua bagian delco tanpa kecuali dan celah-celah delco baik di atas, samping, dan bawah. Hasilnya dalam keadaan stansioner alias langsam di RPM 700, mesin sempat bergoyang tanda hendak mati, tapi tidak mati. RPM coba dinaiikkan hingga 1500-2000, mesin kembali stabil. Lalu delco kembali disemprot air bertekanan tinggi di RPM 2000, hasilnya mesin tetap hidup tanpa dan keluhan apapaun.

Semprotkan 7ANT Multi Care pada bagian mesin yang rentan terhadap air

Semakin penasaran, 7ANT Multi Care yang juga ampuh sebagai penetran alias pelumas, dan pembersih karat, dicoba disemprotkan langsung pada cap kabel busi yang terhubung pada busi. Hasilnya, walau disemprot air mesin tetap hidup lancar. Padahal kabel busi sudah usang alias pecah-pecah.

Untuk menutup rasa penasaran, 7ANT Multi Care dicoba pada dril alias bor listrik dan lampu neon. Setelah disemprot 7ANT Multi Care, kedua alat tersebut masih tetap berfungsi walau ditenggalamkan dalam air. Bor tetap berputar, dan lampu bisa menyala di dalam air. Penasaran ingin mencobanya? Untuk mendapatkan prodak ini hubungi 081808190503. Zali JV

Editor : inne

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa