Sistem Penggerak All-Wheel Drive, Teknologi Praktis dan Pintar

Dwi Wahyu R. - Senin, 19 Agustus 2019 | 13:00 WIB
All-wheel drive di Mazda
newspress.co.uk
All-wheel drive di Mazda

Jip.co.id-Meski tak setangguh sistem penggerak 4WD ketika di medan buruk, namun karena kepraktisan dan kepintaran sistem All-Wheel Drive (AWD), maka banyak produsen mobil yang akhirnya mengadopsi sistem penggerak ini.

Tujuan utamanya memang bukan pemakaian serius di medan ekstrem offroad, melainkan agar mobil makin sakti traksinya di medan licin seperti jalan basah, salju atau gravel.

Tak heran jika AWD awalnya lebih populer di ajang reli.

Quattro buatan Audi misalnya, yang disebut-sebut sebagai penggerak AWD pintar pertama yang dipasangkan pada mobil reli dan jalan raya.

Pada perkembangannya, sistem penggerak AWD berevolusi menjadi lebih kompleks demi mengakomodasi kebutuhan sebuah mobil pintar.

Mercedes-Benz 4MATIC
Daimler AG - Global Communicatio
Mercedes-Benz 4MATIC

(Baca Juga: Ini Dia Bedanya Sistem Penggerak Four Wheel Drive dan All Wheel Drive)

Crossover dan SUV modern misalnya, yang dituntut harus memiliki kenyamanan optimal, baik di jalan aspal hingga ke medan buruk, namun juga praktis dan mudah dioperasikan.

Sehingga, penggerak AWD harus bisa menyesuaikan karakter mobil dengan medan yang dilalui dan keinginan pengemudinya.

Tak pelak, sistem penggerak AWD pun berkembang dan memiliki banyak jenisnya, mulai dari yang konvensional hingga canggih dan bisa dibedakan dari jenis diferensialnya.

Dengan memahami jenis diferensial di sistem AWD, Anda dapat memilih SUV atau crossover apa yang paling sesuai kebutuhan.

Editor : Dwi Wahyu R.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X