Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Jip, Toyota Land Cruiser FJ40 Ini Keren Banget Ubahannya

Nabiel Giebran El Rizani - Senin, 21 Oktober 2019 | 11:15 WIB
Toyota Land Cruiser FJ40 Soft Doors
Toyota Land Cruiser FJ40 Soft Doors

Jip.co.id - Sejak kecil pria satu ini memang sudah 'keracunan' dengan yang namanya Land Cruiser. Racun itu datang dari ayahnya, yang akhirnya seperti sudah mendarah daging.

Tak ada yang bisa mengalihkan kecintaannya terhadap tunggangan asal Jepang ini. Cinta mati! Hasratnya seakan tak bisa dibendung demi melengkapi varian FJ yang berjejer di garasinya.

"Awalnya saya browsing, lalu tertarik dengan tipe yang satu ini, FJ40 Soft doors. Sampai akhirnya terobsesi harus punya,” sambut pria yang akrab disapa Pak Wawan. Pria asal Semarang ini memang konsisten dan idealis dalam hal restorasi, semua sparepart dan aksesori harus orisinal.

Tahun demi tahun tak henti-hentinya mencari, pada tahun ke-3 Pak Wawan mendapat kabar gembira. "Pas ada yang nawarin, malah ada 2 set pintu original langsung saya ambil semua,” ujarnya.

(Baca Juga: Modifikasi Jip, Toyota Land Cruiser FJ40 Warna Boleh Pink tapi Galak Buat Off-Road)

Kondisi mesin masih standar, parts yang sudah uzur diganti baru
Kondisi mesin masih standar, parts yang sudah uzur diganti baru
FJ40 Soft doors konon diproduksi tahun 1958-1968. Populasinya di Indonesia bak mencari jarum dalam jerami, lantaran tipe soft doors biasanya berupa bantuan dari luar negeri untuk dinas kemiliteran atau pemerintahan, tidak dijual secara massal.

"Memang susah sekali nyari kendaraannya, udah syukur dapat pintunya. Langsung saya install di kendaraan bekas kanvas tahun 65, saya bawa ke bengkel Pak Johan,” tegas Pak Wawan yang juga anggota TLCI Semarang.

Bagian gardan menggunakan OEM FJ40 1965
Bagian gardan menggunakan OEM FJ40 1965
“Waktu datang ke bengkel saya, kondisi kendaraan nggak komplet, bodi lepasan semua,” imbuh Pak Johan yang mahir urusan Land Cruiser.

Tak ada kendala besar selama pengerjaan kurang lebih 1,5 tahun. Untuk urusan jubah kendaraan dioplos langsung oleh sang pemilik.

“Kebetulan favorit saya warna hijau, lalu saya kombinasikan sendiri biar hijaunya agak semu. Kelihatannya pas dengan warna kanvas, terlihat eksotis. Warna hijau ini mirip truk Hino, namun saya terinspirasi dari BJ25,” ujar Pak Wawan.

(Baca Juga: Udah Tahu Belum, Rahasia di Balik Masuknya Toyota FJ40 Ke Indonesia)

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa