Injektor Bermasalah? Sebelum Diganti, Bisa Dicoba Cara Kalibrasi Ini

Bimo SS - Senin, 22 Juni 2020 | 14:30 WIB
Servis Injektor
Servis Injektor

Jip.co.id - Mesin bensin kendaraan masa kini mengandalkan sistem injeksi dalam memasok bahan bakarnya. Pada pemakaiannya sistem injeksi ini perlu dirawat untuk mendapatkan kinerja mesin yang optimal.

Salah satu yang perlu mendapatkan perhatian adalah perangkat injektor itu sendiri. Melalui injektor inilah bahan bakar disemprotkan ke dalam ruang bakar. Apabila perangkat ini mengalami masalah maka kinerja mesin pun terganggu.

Akibat yang ditimbulkannya adalah performa menurun hingga boros bahan bakar.

Baca Juga: Beberapa Langkah Untuk Kembalikan Efisiensi BBM Pada Mobil Bekas

Servis Injektor
Servis Injektor

“Injektor menjadi bagian yang cukup vital. Dari peranti inilah bahan bakar disemprotkan ke dalam ruang bakar,” terang Sugiyanto dari Yans Speed.

“Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan injektor ini mengalami penurunan kemampuan kerjanya, di antaranya adalah usia injektor tersebut dan faktor kebersihannya,” lanjut pria yang akrab disapa Yanto ini.

“Injektor mesin bensin pada umumnya bekerja secara elektris dengan menggunakan magnet yang membuka-tutup katup di dalamnya. Faktor usia menyebabkan sistem kelistrikan dan mekanikalnya melemah. Sedangkan kebersihan saluran pada injektor tentu mempengaruhi aliran bahan bakar yang akan disemprotkannya ke dalam ruang bakar,” lanjutnya.

Servis Injektor
Servis Injektor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa