Tips Hemat Bagi Pengguna Jimny Yang Belum Memakai Power Steering

Bimo SS - Senin, 29 Juni 2020 | 15:02 WIB
power steering jimny
power steering jimny

Jip.co.id - Pemilik Suzuki Jimny SJ410 lawas atau Katana yang dirakit sebelum 1993, tentu power steering menjadi barang incaran. Maklum, keluaran produksi sebelum tahun 1993 belum dilengkapi power steering.

Power steering asli bawaan Jimny, memang paling pas untuk SJ410 ataupun Katana. Selain dimensinya pas, juga sudah dirancang sesuai kondisi ruang mesin. Namun untuk mencarinya tergolong sulit dan mahal.

Salah satu tips yang sering digunakan adalah dengan memanfaatkan copotan power steering milik mobil lain. Salah satu yang dinilai paling cocok dengan Jimny adalah milik Toyota Crown lansiran tahun 1990-an, yang limbahnya banyak beredar di pasaran.

“Walau lebih besar dibandingkan dengan milik Jimny asli, namun steering box milik Crown ini masih bisa dipasangkan pada Jimny. Tentunya dengan beberapa penyesuaian,” tutur Edi Purnama dari Mega Citra Motorsport.

Baca Juga: Dua Bersaudara Ini Sukses Modifikasi Salah Satu Suzuki Jimny yang Langka

power steering jimny
power steering jimny

Harganya pun cukup terjangkau di kisaran 3 jutaan, dan sparepartnya banyak tersedia. “Satu lagi keuntungan dari steering box Toyota Crown, unit ini tergolong kuat, bahkan menurut saya lebih kuat dibandingkan aslinya,” lanjutnya.

Ada beberapa cara untuk mengaplikasi power steering sedan ini ke Jimny. “Saya pilih membuat dudukan baru pada sasis, dibandingkan cara lain yang menggunakan adaptor berupa pelat tebal untuk menempelkan steering box pada sasis.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa