Tips Bikin Irit Dan Optimalisasi Performa Suzuki Jimny SJ410 (2)

Bimo SS - Rabu, 2 Desember 2020 | 19:46 WIB
serial tips irit Suzuki Jimny
serial tips irit Suzuki Jimny

Jip.co.id - Transmisi, transfercase, as kopel, dan differential serta axle (gardan) merupakan bagian dari drivetrain. Kondisi drivetrain yang baik tentu meringankan tugas mesin untuk menggerakkan kendaraan.

Pengecekan bagian-bagian tersebut bisa dimulai dari kinerja kopling. Jimny kesayangan akan ‘mlempem’ performanya terutama saat menghadapi jalanan menanjak atau jika putaran mesin lebih cepat naik sementara kecepatan tak juga meningkat, berarti kopling sudah aus, tipis dan perlu diganti.

Transmisi dan transfercase menjadi bagian selanjutnya dalam checklist. Bunyi-bunyian yang tidak wajar seperti mendengung atau bergemuruh menandakan adanya ketidak beresan dalam unit transmisi maupun tranfercase.

Itu artinya gigi-gigi transmisi atau transfercase termasuk bushingnya sudah banyak yang aus. Ganti bagian-bagian yang sudah aus tersebut dengan yang baru. Perawatan rutin mengganti oli transmisi dan transfer case bisa membantu keawetan kedua komponen ini. Perlu diingat bahwa Jimny memiliki transmisi dan tranfercase terpisah. Jangan lupa saat mengganti oli tranmisi, oli tranfercasenya pun harus turut diganti.

Baca Juga: Ini Dia Cara Menghilangkan Bau Apek Dalam Kabin

serial tips irit Szuki Jimny
serial tips irit Szuki Jimny

Jangan sepelekan kondisi kopel anda. Pastikan kondisinya masih bagus, tidak bengkok atau cacat. Periksa kondisi crossjointnya.

Kalau sudah terasa goyang atau setiap kali akselerasi dan deselerasi timbul bunyi benturan disertai getaran, maka crossjoint harus diganti. Crossjoint yang bergerak lancar akan meringankan beban mesin.

Walau terlihat sepele, tapi efeknya cukup besar dalam penghematan bahan bakar.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa