Ternyata Final Gir Suzuki Jimny Bisa Pakai Punya Mobil Lain!

Bimo SS - Minggu, 5 Desember 2021 | 19:25 WIB
Subtitusi Final Gir Jimny
Bimo SS
Subtitusi Final Gir Jimny

Jip.co.id - Beragam varian Jimny dan kesamaan pengunaan pirantinya menyebabkan jip ini bisa saling tukar parts termasuk bertukar gardan maupun final girnya.

Dewasa ini pasar limbah otomotif banyak didapati limbah final gir Jimny. Sehingga kita memiliki keluasaan untuk memilih final gir yang dikehendaki.

Untuk mengetahui perbandingan gir nya kita cukup menghitung gir ring maupun pinionnya. Sebagai contoh gigi pinion berjumlah sembilan dan ring terdapat 37 bilah gir, maka perbandingan yang dimiliki adalah 37 : 9 yang artinya memiliki perbandingan 4,111 : 1.

Gardan kecil memang relatif memiliki pilihan gardan yang variatif. Setidaknya terdapat tujuh pilihan gardan yang bisa disubtitusikan dari Jimny lain.

Namun ternyata ada pilihan lain di luar Jimny, yakni menggunakan final gir bawaan Suzuki Carry 1000 lokal yang menggunakan perbandingan gigi 5,125 : 1.

Final gir Carry ini bisa langsung dipasang pada bagian depan, Namun untuk bagian belakangnya terlebih dahulu harus memngganti sidegear atau satelite milik Suzuki Jimny.

Baca Juga: Benerin Kaki-Kaki Suzuki Katana, Cuma Butuh Modal Segini Loh!

Final Gir Jimny bisa pakai Carry atau Vitara
Bimo SS
Final Gir Jimny bisa pakai Carry atau Vitara

Walau gardan 6,5 inci tak memiliki variatif pilihan dari keluarga Jimny sebanyak gardan 5,5, namun bukan berarti lantas menemui kebuntuan.

Bentuk dan komposisi final gir Suzuki Vitara 4x4 bagian depan bisa dimanfaatkan.

“Dimensi ataupun struktur baut sama dengan milik Jimny 6,5 bagian depan,” terang Dennis dari bengkel MMC 4x4. “Sebaiknya kita hanya mengambil gigi ring dan pinion Vitara saja, karena rumah pemegang gir milik SUV ini terbuat dari bahan aluminium, sehingga dikhawatirkan tidak cukup kuat,” tutup Dennis.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa