Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tips Rawat SUV, Ini Cara Agar Kampas Rem Kendaraan Anda Lebih Awet

Nabiel Giebran El Rizani - Rabu, 15 Desember 2021 | 20:39 WIB
Ilustrasi. Rem Cakram Mobil
ryan/gridoto.com
Ilustrasi. Rem Cakram Mobil

Jip.co.id - Ada 3 jenis rem mobil yakni rem tromol, rem cakram dan rem angin, akan tetapi pada kendaraan pribadi menggunakan rem cakram dan rem tromol.

Pada komponen rem terdapat kampas rem.

Kampas rem ini merupakan spare part yang memiliki masa pakai.

Nah ternyata ada caranya agar kampas rem mobil Anda lebih awet dan tidak cepat aus, simak terus penjelasannya.

"Menjaga kampas rem supaya lebih awet yang utama memastikan kualitas kampas remnya dulu, kami selalu menyarankan agar selalu gunakan spare part orisinal, karena spare part selain orisinal kita tidak tau kualitasnya gimana," kata Erwin, Kepala bengkel Auto2000 Pasar kemis, Tangerang.

Baca Juga: Biar Makin Paham, Ini Alasan Mesin Diesel Knalpotnya Selalu Berasap

Ilustrasi kampas rem mobil
Ryan/GridOto.com
Ilustrasi kampas rem mobil

Gaya mengemudi dengan halus dan melakukan pengereman secara perlahan, lebih mengurangi kerja rem sehingga kampas rem lebih awet.

"Membawa kendaraan yang tidak halus, dalam arti contoh di kemacetan sopir cenderung berakselerasi dan menginjak rem itu lebih cepat memakan kampas rem, maka dari itu caranya membawa mobil langsam dan lakukan pengereman perlahan," katanya.

Pada mobil transmisi otomotis, menginjak rem dan gas secara bersamaan juga lebih membebani kerja rem yang kemudian kampas rem lebih cepat tipis.

"Cara supaya kampas rem lebih awet selalu jaga kebersihan di komponen rem sekitar kampas rem, komponen rem yang kotor bisa jadi penyebab kampas rem tidak awet," kata Teknisi Auto2000 Pasar Kemis, Tangerang.

Kemudian selalu periksa kondisi minyak rem, ketinggian minyak rem yang masih dalam batas wajar, dapat mengoptimalkan kerja rem.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa