Mau Mengganti Jok Suzuki Jimny? Wajib Perhatikan Hal Ini

GBRN - Senin, 11 Juli 2022 | 16:30 WIB
Jok Jimny
Jok Jimny

Jip.co.id - Di dalam tubuh yang mungil terdapat pula ruangan yang mungil. Ungkapan ini pas sekali ditujukan pada sebuah Jimny.

Bahkan masih relevan untuk dilekatkan pada jenis Jimny dari generasi manapun.

Dan jika berbicara mengenai ganti tempat duduk beserta pemilihannya, Jimny dihadapkan pada persoalan di mana untuk mendapatkan jenis tempat duduk yang pas baginya bukanlah suatu hal yang sepele.

Bisa dikatakan bahwa sebuah Jimny memiliki ukuran tempat duduk yang lebih kecil jika dibandingkan dengan kendaraan yang memiliki ukuran lebih besar darinya. Terutama pada jok penumpang depan dan pengemudi, di mana dalam kondisi standarnya saja sudah tergolong sempit.

Namun bukan berarti bahwa untuk mengganti jok dengan produk aftermarket atau copotan dari kendaraan lain mustahil dilakukan. “Memang bukan perkara mudah untuk mendapatkan jok yang cocok dengan kondisi ruang yang dimiliki sebuah Jimny. Saat memilih kita harus memiliki parameter ukuran yang kita jadikan sebagai acuan,” tutur Nuris Sarni dari bengkel Pit Garage.

 

Baca Juga: Komponen yang Bikin Enteng Kalau Mesin Suzuki Jimny F10A Mau Dioprek

“Parameter yang dipakai justru diambil dari dimensi jok bawaan pabriknya sendiri, dan kita harus mengetahui dengan pasti ukuran, mulai dari ukuran lebar dan panjang penampang joknya hingga tinggi dari sandaran joknya aslinya, setelah dapat yang cocok, baru menyesuaikan dudukan jok” tambah Nuris.

Ketepatan ukuran jok bagi Jimny merupakan hal yang vital. Jika kita salah memilih ukuran jok. Mungkin saja jok tersebut bisa terpasang, namun kita mungkin akan menemui kendala untuk mengoperasikan beberapa peranti.

Jok yang terlalu besar akan menutupi tuas e-brake pada Jimny SJ410 atau SJ413, di mana tuas rem emergensi tersebut akan tenggelam di antara kedua buah jok. Hal seperti in pasti merepotkan dan juga membahayakan.

Belum lagi tuas transfercase yang tertutupi badan jok. Bahkan bisa menyulitkan kita saat ingin meraih safetybelt. Dan ini terjadi pada Jimny SJ410 4x4, SJ413 dan LJ80.

Jadi, apakah kita haram mengganti jok Jimny kesayangan? Tentu tidak, walaupun tidak banyak, namun kita masih bisa menemukan beberapa jenis jok aftermarket maupun copotan yang bisa kita jadikan pengganti jok bawaan pabrik. Jok apa yang cocok ya?

Jika ingin mengganti jok Jimny sebaiknya ganti dengan jok dengan dimensi yang mendekati ukuran asli bawaannya. Jok bawaan Jimny memiliki dimensi dengan lebar penampang bawah 48cm, dan panjang 42 cm.Sedangkan tinggi penampang sandaran-nya 75 cm dengan lebar 48 cm.


Editor : GBRN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa