Modifikasi Jip, Land Rover Series III LWB 1981 Gaya Suka-Suka

Nabiel Giebran El Rizani - Minggu, 5 Mei 2019 | 10:00 WIB

Land Rover Series III LWB (Nabiel Giebran El Rizani - )

Jip.co.id - Sebagai seorang modifikator dan restorer yang banyak menangani Land Rover, tentu paham luar kepala spesifikasi dan pakem Land Rover.

Bos Casablanca Work ini pun sudah terlalu biasa melakukan restorasi sesuai dengan spek pabrik bawaan kendaraan.

Gril custom dengan mengambil desain milik Stage One
Namun kali ini, dan justru pada kendaraan pribadinya, Dwiko ‘mbalelo’ melenceng dari jalur. Land Rover LWB orisinal miliknya ‘dinodai’ dengan serangkaian rombakan modifikasi.

(Baca Juga : Land Rover Defender Ini Dimodifikasi Jadi Tampil Lebih Dewasa)

“Sebenarnya rombakan paling banyak hanya pada gardan dan kaki-kaki saja. Namun lantaran menggunakan gardan milik Discovery dengan suspensi per keong dan sumbu lebar, maka penampilannya jadi berbeda,” terangnya.

Mesin 4 silinder 2.286 cc OHV direkondisikan sesuai dengan spesifikasi aslinya
Walau pun mencoba mempertahankan perangkat yang ada milik Series III, namun pada prakteknya apa yang diubahnya justru menjauhkan penampilan dan wajah dari keorisinilan.

“Saya memang menyayangkan saat harus mengganti gril bawaan dengan gril custom. Namun atas nama estetika, harus saya lakukan lantaran. Jika menggunakan gril lawas, girboks power steering copotan dari Toyota FJ55 nampak mengganggu pemandangan,” debatnya.

Gardan menggunakan milik Land Rover Discovery
Pun demikian dengan alasan mengganti gardan dan sistem suspensi.

(Baca Juga : Modifikasi Jip, Land Rover Defender Karya Kahn Ini Pakai Mesin V8)

“Saya hanya ingin tunggangannya jadi lebih nyaman dan bonusnya penampilan lebih kekar, karena sumbu gardan yang lebar,” cerocosnya.

Girboks dan transfercase asli bawaan kendaraan tetap dipergunakan dan berhasil direkondisi total dengan baik
“Sebenarnya banyak yang menyayangkan proses penggantian ini. Ada yang bilang jadi gak orisinallah, jadi gado-gadolah …..Ahh saya ngga ambil pusing. Land Rover aingkumaha aing,” tutupnya sambil terkekeh.