Gokil! Ternyata Land Cruiser Seri 200 Ini Versi Anti Peluru!

Bimo SS - Rabu, 19 Januari 2022 | 06:45 WIB

Land Cruiser 200 Anti Peluru (Bimo SS - )

Jip.co.id - Awalnya kami tidak menyangka jika Toyota Land Cruiser 200 GX ini adalah sebuah kendaraan up armored alias kendaraan yang dibekali dengan peranti anti senjata api.

Menurut data yang ada, tipe ini merupakan tipe heavy duty yang biasanya digunakan sebagai kendaraan dinas instansi seperti PBB.

Bimo SS
Land Cruiser 200 GX ini memakai mesin 1-VD V8 turbo 4.500 cc. Beberapa bagian penting seperti aki, kotak ECU dan lainnya dilindungi dengan lempengan besi khusus.

Dari luar sepintas memang tidak ada yang istimewa selain snorkel yang bertengger di sisi kanan, tapi akan terlihat berbeda setelah melihat ke dalam kabin.

Bimo SS
Pelek besi OEM ukuran 17x8 dari Land Cruiser 200 GX dibalut dengan ban Cooper Discoverer ATR 245/75R17 yang dilengkapi dengan runflat lansiran Hutchinson.

Kondisi kabin lebih sempit dari versi standarnya, hal ini lantaran terdapat rangkaian besi yang ditanam pada lantai, pintu, atap, pilar, termasuk pintu dan firewall.

Dapat dikatakan bahwa kabin Land Cruiser 200 GX ini terdapat cangkang baja yang melindungi penumpangnya.

Bimo SS
Kaca Land Cruiser 200 GX ini memakai bahan polycarbonate setebal 4 cm, dan hanya kaca jendela bagian pengemudi saja yang bisa dibuka selebar 10 cm.

Sedangkan pada setiap kaca jendelanya menggunakan polycarbonate dengan ketebalan rata-rata 4 cm.

Penambahan berbagai pelindung tersebut membawa konsekuensi bobot berkisar 4,5 ton, dimana mesin, suspensi, serta sistem rem mengalami modifikasi.