Jadi Ganteng, Land Cruiser FJ40 Kombinasikan Dua Konsep Modifikasi

Rindra Pradipta - Kamis, 31 Maret 2022 | 14:11 WIB

(Rindra Pradipta - )

Jip.co.id - Kompetisi offroad di Tanah Air memang banyak mengalami perubahan. Salah satunya ketika menipisnya trek country road, atau yang sering disebut CR.

Pada masa itu, kebanyakan event kompetisi off-road lebih sering diadakan pada satu lokasi yang ‘disulap’ tak ubahnya mini sirkuit yang melombakan special competition stages (SCS).

Baca Juga: Cara Membersihkan Kampas Rem yang Berkarat, Gak Ribet Kok

Performa mesin 2F 4.200 cc ini diperbaiki dengan memasang camshaft Crower 260, karburator Holley 2 barrel, dan porting polish. Transmisi memakai milik Land Cruiser 80 series manual lengkap dengan transfercase.

Salah satu dampaknya adalah mempengaruhi gaya modifikasi jip off-road. Supaya kompetitif, bermunculan jip kompetisi semi tubular dengan gaya ringkas.

Tapi tidak dengan Ricki Mulyadi yang tetap mempertahankan gaya adventure off-road. Alasannya, “Roh off-road ya tetap adventure”, ujar Adie Dewanto selaku modifikator FJ40 ini.

Baca Juga: Kawin Silang Toyota Land Cruiser FJ40 Dengan VX80, Nyaman Untuk Harian

Suspensi memakai KING Shock coilover 14 inci di depan, dan ukuran 16 inci dibelakang. Lengkap dengan bumpstop dan sistem 4 link arm custom.