Keren Banget, Cat Toyota FJ40 Bekas Mobil Base Rescue Ini Ternyata Masih Orisinil.

GBRN - Selasa, 30 Agustus 2022 | 13:25 WIB

Land Cruiser FJ40 (GBRN - )

Jip.co.id - Mobil ini awalnya adalah kendaraan operasional Base Rescue di Pangkalan TNI AU. Tugasnya adalah mobil siaga dalam hal pertolongan, penyelamatan awak dan penumpang pesawat apabila terjadi kecelakaan pesawat di area lapangan udara – baik untuk kalangan TNI AU maupun penerbangan sipil.

Dilengkapi APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dan warna merah sebagai ciri khas mobil Base Rescue.

Awalnya mobil ini dipakai sebagai kendaraan Base Rescue di pangkalan TNI AU Lanud Adisutjipto sejak tahun 1975 dan FJ40 R UC bekas Base Rescue ini ditemukan oleh Kolonel Pnb Indan Gilang Buldansyah.

FJ40 Ori

“Mobil ini purna tugas sebagai kendaraan siaga tahun 2010. Tahun 2010-2012 sempat dipergunakan sebagai mobil operasional salah satu Skadron Pendidikan Pangkalan TNI AU. Dan resmi dihapus dari inventaris TNI AU pada tahun 2017”, jelas Pak Indan.

Lantaran mobil ini tak pernah ke luar dari Pangkalan TNI AU, FJ40 ini baru menempuh sekitar 4 ribuan kilometer.

“Waktu saya lihat pertama kali, kondisinya nggak keurus. Catnya masih warna merah, kelengkapan APAR juga sudah nggak ada. Pintu samping dan belakang apalagi”, cetusnya.

Baca Juga: Jangan Remehkan Toyota Land Cruiser FJ55 Ini, Ada Hal Istimewa Sob!

FJ40 Ori

Meski demikian beberapa instrumen dashboard masih tersisa. Kelengkapan lampu seperti lampu stop, reflektor dan lampu sein, masih tertempel rapi.