Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Trend Pelek Besi OEM

Rindra - Sabtu, 3 Juni 2017 | 13:46 WIB
No caption
No credit
No caption

JIP - Untuk mendongkrak penampilan kendaraan, menyentuh sektor pelek salah satu pilihan mudah. Pemakaian pelek yang cocok akan membuat tongkrongan kendaraan anda jadi lebih keren. Tanpa harus menambahkan aksesori yang berlebihan pada tunggangan.

Saat ini, mendandani kendaraan kearah OEM (Original Equipment Manufacturer) look sedang digemari. Pelek besi original dari suatu merk kendaraan 4x4 sedang dilirik dan diburu. “Tampilan tetap sopan karena velg tidak lebar, tapi secara tongkrongan lebih enak dilihat,” ucap Ahmad Ravi salah satu off-roader pemburu pelek kaleng.

No caption
No credit
No caption
Pelek besi OEM jadi pemikat tersendiri saat dipasangkan pada kendaraan lain

Hanya dengan permainan warna, sosok pelek besi ini pun jadi lebih enak dipandang. Karena pilihan pelek yang dipakai memang unik, desainnya tidak sederhana seperti pelek besi atau kaleng pada kendaraan pada umumnya.

Memang mendapatkan pelek besi atau kaleng seperti ini cukup rumit, “Karena velg yang dipilih hanya digunakan untuk kendaraan built up, untuk produksi kendaraan diluar Indonesia. Itu kenapa populasi velg besi yang diincar memang tidak banyak,” ucap Bennie Cahyo yang punya refrensi banyak soal pelek besi.

No caption
No credit
No caption
Saat ini, mendandani kendaraan kearah OEM (Original Equipment Manufacturer) look sedang digemari

Untuk durabilitas, pelek besi dijamin lebih kuat ketimbang yang berbahan alloy. “Cocok banget buat yang suka belusukan off-road, sejelek-jeleknya velg hanya peang kalau kena impact berlebih. Tidak seperti alloy yang ada kemungkinan akan pecah,” tutur Ravi pria berjambang lebat ini.

Saat pilih desain pelek, tinggal sesuaikan juga dengan bentuk kendaraan anda, pilihannya pun cukup banyak. Menarik bukan, tunggangan anda akan semakin tampan dengan pelek besi…

Velg Besi Incaran

Dari berbagai macam jenis velg besi OEM, berikut beberapa yang jadi buruan:

  • Suzuki Jimny, JA11
  • Suzuki Jimny, SJ30
  • Toyota Land Cruiser, Split Rim 16 inci
  • Toyota Land Cruiser, VX80 iron wheel
  • Toyota Land Cruiser, Prado
  • Land Rover, iron wheel 16 inci
  • Land Rover Discovery, iron wheel
  • Daihatsu Taft, dua pinggang
  • Jeep XJ Cherokee
  • Jeep YJ Wrangler
  • Jeep TJ Wrangler
  • Jeep Willys, ring 16 inci
  • Jeep CJ, militer ring 15 inci
  • Toyota Hilux, iron wheel 17 inci
  • Range Rover Classic
No caption
No credit
No caption
Jeep Cherokee
No caption
No credit
No caption
Pelek Split Rim

Tips Pilih Velg Besi

Sudah pasti pelek besi ini hasil copotan dari kendaraan yang sudah tidak terpakai. Tentunya kondisinya tidak selalu mulus karena bekas, kita pun harus jeli melihat fisik pelek. Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan saat beli pelek besi dari Bennie. Yuk, disimak…

  1. Periksa lingkar pelek secara teliti, kondisinya sudah peang atau tidak.
  2. Cek setiap lubang baut di pelek, ada yang cacat atau tidak
  3. Cocokan PCD (Pitch Circle Diameter) secara benar, karena banyak pelek substitusi dari mobil lain.
  4. Cek lubang pentil angin, biasanya bagian ini sering karat karena material velg dari besi
  5. Periksa bibir pelek, masih bisa menggunakan ban tubles atau tidak.
Cocokan PCD (Pitch Circle Diameter) secara benar

Pentil Besar

Tidak jarang pilihan velg besi mengambil dari kendaraan lawas. Bentuknya yang klasik dan unik jadi daya tarik sendiri. Tapi, velg lawas punya sedikit masalah dalam pemilihan pentil. Terutama kalau ingin mempertahankan menggunakan ban tubles.

“Velg besi mobil lawas seperti Land Rover Series contohnya. Pentil angin yang digunakan ukurannya besar, sedangkan kebanyakan pentil dipasaran sekarang ukurannya lebih kecil,” ucap pria yang akrab disapa Cak Benny. Kalau pun ada, biasanya pentil tadi stock barang lama. Jadi kondisi pentil sudah tidak elastis lagi, “Ada kemungkinan bocor halus,” tambahnya.

Makanya kita harus menambah sedikit kerjaan kalau mau pakai velg lawas. “Lubang pentil tadi harus ditutup, kemudian di redrill kembali lubang pentil yang terutup tadi. Mengikuti ukuran pentil yang ada saat ini,” terang Bennie. Rindra P

Editor : inne

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa