Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

PENTING UNTUK OFFROAD & OUTDOOR

Sabtu, 3 Juni 2017 | 14:06 WIB
No caption
No credit
No caption

JIP - Inverter adalah rangkaian elektronik yang gunakan untuk mengkonversi arus tegangan listrik yang searah atau DC (pada mobil) menjadi arus dengan tegangan bolak-balik atau AC (pada rumah). Nah, dalam pemilihan inverter Anda harus jeli. Memilih inverter yang tepat selain praktis, juga akan membuat penggunaan menjadi lebih efektif.

No caption
No credit
No caption
komponen pada inverter akan mempengaruhi performa inverter secara umum.

Dalam kesempatan ini, kita akan membahas beberapa jenis inverter DC ke AC untuk mobil yang dibedakan dari jenis gelombangnya. Mengetahui hal ini sangat penting karena inverter salah satunya bekerja melalui gelombang.

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat Anda hendak membeli inverter adalah pengecekan komponen. Hal ini penting dilakukan karena komponen pada inverter akan mempengaruhi performa inverter secara umum.

Setidaknya ada dua pilihan inverter berdasarkan komponennya. Pertama, inverter yang menggunakan hanya IC, dan kedua, inverter yang memakai trafo dengan IC? Ada perbedaan yang cukup mencolok di sini. Inverter dengan IC memang lebih murah daripada inverter dengan trafo dan IC.

No caption
No credit
No caption
inverter yang menggunakan hanya IC, dan kedua, inverter yang memakai trafo dengan IC

Akan tetapi, inverter dengan trafo dan IC memiliki ketahanan panas yang lebih baik sehingga dapat digunakan dalam kurun waktu yang lebih lama. “Untuk off-road paling ideal menggunakan inverter dengan trafo dan IC, jadi tahan terhadap suhu dan bebannya,” ujar Nafli dari gerai Mobilindo Elektronik di kawasan Famawati, Jakarta Selatan

Selain komponen, hal lain yang harus menjadi perhatian ketika memilih inverter yang baik adalah dengan melihat daya yang dikeluarkan. Patokan dari pemilihan daya ini adalah semakin besar daya yang dikeluarkan, semakin baik.

No caption
No credit
No caption
Selain komponen, hal lain yang harus menjadi perhatian ketika memilih inverter yang baik adalah dengan melihat daya yang dikeluarkan

Untuk mengetahui tingkat daya yang dikeluarkan, cek pada bagian efisiensi dari inverter tersebut. Misalnya, untuk inverter bertuliskan efisiensi 90% dengan tipe inverter berkekuatan 1000 watt, maka daya yang akan dikeluarkan adalah sekitar 900 watt. Semakin tinggi persentase, maka daya akan semakin tinggi, inverter akan semakin optimal.

Harga inverter sendiri sangat beragam, mulai dari Rp 350 hingga 600 ribu untuk daya dari 100 hingga 600 watt. Sementara untuk daya diatas 1.000 watt, rata-rata harganya mencapai Rp 1,8 hingga Rp 3,5 jutaan untuk inverter yang berdaya 2.000 watt. “Kalau untuk offroad atau outdoor, lebih enak yang menggunakan di atas 1.000 watt karena akan berguna ketika sampai harus bermalam di hutan, misalnya yang tidak ada pasokan listrik,” tambah Rahman dari gerai Aska Premium di Kalimalang, Jakarta Timur.

Pasang sekring

BIAR AMAN

Editor : inne

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa