Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

ELECTRIC STEP

Senin, 5 Juni 2017 | 17:29 WIB
No caption
No credit
No caption

JIP - Jika Anda pengguna SUV atau double cabin, pasti pernah direpotkan dengan ground clearance yang tinggi bukan? Terlebih ketika ketika ingin keluar masuk mobil. Memang, bisa menggunakan side step yang telah tersedia, namun jika ingin lebih praktis sekaligus terlihat keren, kini sudah tersedia electric step atau yang juga biasa dikenal dengan running board.

Electric step atau biasa juga dikenal dengan sebutan power board merupakan side step yang dapat turun dan terlipat dengan sendirinya ketika pintu terbuka atau tertutup. Hal tersebut lantaran electric step menggunakan dua buah motor yang dipasangkan pada satu sisi side step. Sehingga, total membutuhkan empat buah motor untuk menggerakkan side step untuk membuka atau menutup.

No caption
No credit
No caption
Agar bisa terbuka dan tertutup dengan sendirinya, cukup dengan memanfaatkan switch lampu atau pintu agar electric step bisa bekerja.

Pemasangan side step ini menggunakan switch dan kabel yang tersambung dengan pintu atau lampu yang ada di pintu. Motor elektriknya sendiri dapat terpasang pada dudukan side step bawaan mobil. Sehingga ketika pintu terbuka, maka rangkaian elektrik pada switch memerintahkan motor pada side step untuk turun, begitu pula sebaliknya. Sehingga lebih praktis ketika ingin masuk dan keluar kendaraan yang memiliki ground clearance tinggi. Namun pemasangan electric step ini harus terlebih dahulu melepas foot step bawaan mobil.

Awalnya, Range Rover menawarkan electric step sebagai opsi. Namun kini, banyak produsen yang menawarkan. Umumnya produsen aksesori off-road. ”Karena memang pertama kali banyak digunakan di mobil off-road lantaran fungsinya juga sebagai pelindung bodi samping,” sahut Dimas dari bengkel JHL Auto, yang kerap memasangkan electric step buatan T-Max ini.

No caption
No credit
No caption
Electric step sudah banyak tersedia untuk segala model, mulai dari jip, SUV hingga D-Cab.

Namun untuk SUV perkotaan, pemasangan electric side step ini juga berguna untuk memudahkan jika ingin keluar masuk mobil, khususnya bagi wanita. ”Kalau wanita apalagi saat pakai gaun atau rok, tetap susah untuk naik ke side step bawaan pabrik. Nah kalau electric step ini, bisa disesuaikan lagi tinggi stepnya saat terbuka,” terang Dimas. Tinggal menyesuaikan kemiringan lengan dan dudukan step, maka jarak ketika step terbuka ke bawah pun bisa lebih rendah. Praktis bukan?

Harga dan pemasangan electric step

TERSEDIA UNTUK JIP, SUV HINGGA D-CAB

Harganya sendiri sangat bervariasi. Untuk aksesori resmi Range Rover mencapai puluhan juta. Namun untuk merek seperti T-Max, Bestop dan AMP Research, harganya berkisar antara Rp 8 hingga 15 juta. Harga tersebut belum termasuk jasa pemasangan. Meski awalnya aksesori untuk off-road, namun juga kerap digunakan pada SUV seperti Toyotra Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport hingga Toyota Land Cruiser Prado. ”Dimensinya bisa disesuaikan kok untuk SUV atau double cabin yang ada di sini,” sahut Opick dari worksop LM&T. Karena umumnya produsen electric step sudah membekali produknya dengan pilihan panjang step yang berbeda, baik untuk model jip, SUV, D-Cab hingga pick-up.

TERSEDIA UNTUK JIP, SUV HINGGA D-CAB

Pemasangannya hanya butuh hitungan jam atau paling lama sehari, termasuk memasangkan switch dan kabelnya. Selain tersedia untuk Jeep Wrangler JK dan keluarga Wrangler lainnya, electric step ini juga bisa dipasangkan pada Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Nissan Navara dan Mitsubishi Triton.

Editor : inne

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa