Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Penyambung Nyawa Mesin

Kamis, 7 September 2017 | 11:27 WIB
No caption
No credit
No caption

JIP - Gejala injektor tersumbat terkadang tidak terlalu bisa dirasakan. Bahkan dengan Gaz Analyzer pun masih belum bisa terdeteksi kinerja masing-masing injektor pada mesin.

“Meski angka menunjukkan 14,7 (AFR, Air to Fuel Ratio, 14,7:1), fungsi tiap injektor belum ketahuan dengan sempurna,” tukas Taqwa SS dari GardenSpeed, di kawasan Cilandak, Jaksel.

Menurutnya, angka tersebut kan hasil gabungan dari gas buang seluruh silinder yang ada di mesin. Sementara injektor bekerja untuk masing-masing silinder.

Ia pernah mengalami hal tersebut, ketika memeriksa injektor dari sebuah mesin ‘copotan’ yang kondisinya masih baik.

“Karena lama tidak dipakai, terkadang ada injektor yang tersumbat, bisa di mesin copotan, bahkan mesin yang dipakai sekalipun,” lanjutnya.

Pada mesin yang dipakai, biasanya debit bensin tidak merata pada masing-masing injektor.

No caption
No credit
No caption
Injektor Kotor

Untuk mengembalikan kondisi tersebut, perlu dilakukan kalibrasi. Pertama-tama injektor dilepaskan dari fuel rail dan dipasang pada alat ukur.

Lantas diukur dan dilihat penyebaran bensin dari masing-masing injektor.

“Salah satu injektor, debitnya berkurang, ada juga yang semuanya sama, tetapi belum optimal, itu tanda injektor sudah kotor,” ujarnya.

Taqwa menggunakan sistem Ultrasonik untuk membersihkan jeroan injektor yang memiliki jalur bensin sangat halus dan kecil.

Editor : inne

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa