Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mobil Baru 2018

Datsun Berharap Pemerintah Indonesia Mewajibkan Penggunaan Fitur VDC

Nabiel Giebran El Rizani - Kamis, 3 Mei 2018 | 15:30 WIB
Datsun Cross
Otomotifnet/Rindra
Datsun Cross

Jip.co.id - Datsun yang menggunakan fitur Vehicle Dynamics Control (VDC) pada produknya, meminta pemerintah Indonesia mewajibkan penggunaan fitur ini.

VDC sendiri termasuk dalam kategori fitur keselamatan pasif, namun mampu membantu pengemudi lebih mudah mengontrol mobil.

Sebutan VDC sendiri menjadi khasnya Datsun Cross, tapi di beberapa merek lain sebutannya berbeda-beda, mulai dari electronic stability control (ESC), electronic stability program (ESP), dynamic stability control (DSC), atau yang lain.

Melihat tren global, di mana isunya menyelamatkan para pengemudi di jalan, Anton Kristanto, Manager Riset dan Pengembangan PT Nissan Motor Indonesia (NMI) tak memungkiri, kalau Indonesia bisa saja mengadopsi aturan yang mewajibkan fitur tersebut.

(BACA JUGA: Ini Cara Untuk Meninggikan Mobil 4x4 Anda)

“Jika melihat tren regulasi di Indonesia biasanya melihat kondisi sekitar, tapi tentu saja yang paling dilihat di ASEAN. Bukan tidak mungkin dalam beberapa tahun ke depan akan diadopsi di sini (soal fitur wajib VDC),” ucap Anton, Rabu (2/5/2018).

Malaysia,sudah lebih dulu menelurkan regulasi wajib fitur electronic stability control (ESC), mulai Juni 2018. Negeri Jiran tersebut jadi yang pertama di Asia Tenggara memberlakukan aturan tersebut.

Fitur Vehicle Dynamic Control (VDC) Datsun Cross
Rianto Prasetyo
Fitur Vehicle Dynamic Control (VDC) Datsun Cross
Terkait dengan seberapa membantunya VDC dalam mencegah dari kecelakaan, Anton mengaku sulit menjawabnya.

Namun, dirinya menyebut fitur tersebut paling tidak membantu pengemudi mengendalikan kendaraannya.

“Soal seberapa efektif dan berapa persentasenya sulit menjawabnya, karena tergantung pengemudi juga. Karena itu penggunaan VDC untuk membantu pengemudi supaya lebih mudah saja mengontrol mobilnya,” kata Anton.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa