Pindah Posisi Lampu Belakang Punya Suzuki Jimny Biar Lebih Aman

Nabiel Giebran El Rizani - Sabtu, 15 Juni 2019 | 13:35 WIB
Lampu belakang Suzuki Jimny yang sudah dipindah posisi
Lampu belakang Suzuki Jimny yang sudah dipindah posisi

Jip.co.id - Suzuki Jimny tipe SJ memang menjadi pilihan banyak penggemar off-road untuk sekadar off-road ringan ataupun kompetisi.

Namun, satu kendala yang sering terjadi adalah rusaknya bumper belakang lantaran kerap nyangkut atau mentok saat off-road. Tak jarang lampu belakang yang posisinya berada di paling bawah pun kerap jadi korban.

Selain rusak dan pecah, lampu tertutup oleh lumpur pun bisa dipastikan sering dialami para pengguna Jimny apabila masih mengandalkan bemper belakang bawaan pabrik.

Solusi selain mengganti bemper belakang dengan bahan yang lebih kuat, bisa juga dengan memindahkan posisi lampu ke bagian pintu belakang.

(Baca Juga: Buat yang Belum Tahu, Ini Sejarah Adanya EPS Di Suzuki Jimny)

Lampu belakang sangat gampang rusak saat dibawa off-road jika masih pada posisi aslinya
Lampu belakang sangat gampang rusak saat dibawa off-road jika masih pada posisi aslinya
Kerugian lain yang bisa ditimbulkan adalah rusaknya soket lampu. Soket lampu juga kerap menjadi sasaran akibat menumpuknya kotoran di balik bumper.

Efek jangka panjangnya ada timbul karat di soket lampu, bahkan putus atau korsleting. Tentunya apabila lampu belakang tidak berfungsi, dapat membahayakan kita maupun orang lain.

Beberapa pengguna Jimny sudah banyak yang mengandalkan cara seperti ini, selain lebih bersih dan terhindar dari cipratan lumpur serta kotoran yang menumpuk, jajan mika atau rumah lampu belakang juga dapat dihindari.

Rusaknya lampu belakang
Rusaknya lampu belakang
Keuntungan lainnya, dengan posisi yang lebih tinggi, juga memudahkan pengendara lain di belakangnya untuk memantau, bahkan untuk pengemudi kendaraan yang lebih tinggi sekalipun, seperti bis dan truk ketika di jalan raya.

(Baca Juga: Begini Cara Mengatasi Jika Suzuki Jimny Katana Anda Mengalami Overheat)

“Supaya lebih aman, beberapa jimny milik pelanggan bengkel sudah saya ubah posisi lampunya dan menggantinya dengan LED,” ujar Yusuf Ramadhan, D2 Motor. “Selain lebih terang, juga lebih irit listrik,” tambahnya.

Lampu belakang yang sudah pindah posisinya
Lampu belakang yang sudah pindah posisinya
Pilihan lampu di pasaran juga beragam jenis dan bentuk, atau bisa juga mengandalkan lampu belakang kepunyaan mobil lain, asalkan cocok dimensi dan modelnya ketika dipasang di pintu belakang.

“Setelah melihat-lihat dari internet, model lampu bulat ternyata cocok diaplikasikan ke pintu belakang Jimny saya dan bagian pintu yang dikorbankan untuk memasang lampu tidak terlalu besar,” ujar Willy Brodus, salah satu yang ikutan pindah posisi lampu belakang ini.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X