Ini Beberapa Tips Memilih Roof Box yang Sesuai Kebutuhan Mobil

Nabiel Giebran El Rizani - Selasa, 3 September 2019 | 20:45 WIB
Pemakaian roof box di SUV
Ivan Casagrande Momot
Pemakaian roof box di SUV

Jip.co.id - Kita harus pintar dalam memilih roof box yang aman.

Roof box yang aman harus bisa menghilangkan hambatan udara.

“Ukuran lebar ideal roof box itu 90-95 cm dengan tinggi 35-45 cm. Angka ini untuk menjaga aerodinamitas" buka Arief punggawa Banteng Mas di lantai 8 MGK Kemayoran, Jakarta Utara yang juga distributor roof box Thule asal Swedia dan Hapro dari Belanda.

Enggak heran jika bentuk roof box itu beragam.

"Kalau kapasitas kargonya semakin besar, roof box itu akan semakin rendah dan ramping, tapi ukurannya memanjang” tambah Arief lagi.

(Baca Juga: Coba Perhatikan 7 Hal Ini Agar Aki Mobil Anda Lebih Awet )

Nah enggak usah berlama-lama, ini beberapa cara memilih roof box yang tepat untuk mobil: 

1. Pilihlah roof box berbahan plastik ABS. Selain ringan, material ini juga kuat dan anti air. Beratnya berkisar 10-15 kg.

2. Pastikan roof box sudah memiliki lapisan anti UV sehingga permukaannya tidak mudah kering dan pecah-pecah.

3. Untuk mobil non roof rail, faktor penting selain pemasangan roof box ialah cross bar. Pastikan perangkat ini melekat sempurna dan tidak meninggalkan celah yang tidak rapat dan berimbas masuknya air saat hujan.

4. Pemilihan roof box bisa disesuaikan dengan jumlah orang yang akan ikut berkendara. Kalau seperti Honda CR-V dan Nissan X-Trail dengan kapasitas angkut 5-6 orang cukup memakai roof-box berkapasitas 300 liter. Itu sudah bisa memberi ruang tambahan 6 tas fitness dan satu tas kargo ukuran 7 inci. Selebihnya, untuk mobil dengan penumpang 7 orang bisa memakai roof box berkapasitas 400 liter.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X