Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Dia Harga Komponen Fast Moving BMW X3 di Bengkel Spesialis

Nabiel Giebran El Rizani - Rabu, 11 September 2019 | 15:15 WIB
BMW X3 gen 2 (F25)
BMW X3 gen 2 (F25)

Jip.co.id - Ketika membeli mobil, pembeli bukan hanya dari segi harga mobilnya saja tapi juga dari segi biaya perawatannya.

Dalam perawatan berkala, harga komponen fast moving juga perlu diketahui calon pembeli mobil.

Karena fast moving merupakan bagian komponen kendaraan bermotor yang cepat habis atau sering diganti seiring masa pemakaian kendaraan.

Bagi yang berniat membeli BMW X3 seken generasi pertama sampai yang terbaru, Ali selaku Manager Anugrah Motor BMW mengatakan BMW X3 cukup bandel dan kebanyakan servis atau penggantian fast movingnya saja.

(Baca Juga: Mau Beli BMW X3 Bekas? Harganya Sudah Ada yang Terjangkau Lho!)

"Mesin BMW X3 sih cukup bandel, pemilik X3 yang datang ke bengkel kami kebanyakan servis berkala saja dan penggantian komponen fast moving seperti oli, kampas rem," ujar Ali saat ditemui GridOto.com di Anugrah Motor, Jalan H. Nawi, Jakarta Selatan.

Ali mengungkapkan, di bengkelnya penggantian oli BMW X3 tergantung oli yang digunakannya, ia mencontohkan harga perawatan pada BMW X3 generasi pertama yang keluar tahun 2004.

"Untuk BMW X3 tergantung oli yang dipakai, kalau SAE-nya pakai yang 5-40 atau 5-30 itu antara setiap 6.000 km - 7.000 km," kata Ali.

Ali menerangkan, untuk tune up biasanya dilakukan setelah 3 kali penggantian oli atau bila mobil sudah menempuh jarak sekitar 15.000 kilometer.

(Baca Juga: Modifikasi SUV, BMW X3 Ini Tenaganya Jadi Makin Galak)

"Untuk tune up biasanya ada penggantian filter udara, kalibrasi injektor, busi, sama obat pembersih dan jasa itu sekitar Rp 1,4 juta dan dilakukan per-15 ribu kilometer," terangnya.

"Kampas rem BMW X3 paling pendek pemakaian itu 25 ribu sampai 30 ribu kilometer, sensor kampas rem 2 biji Rp 300 ribu dan ongkos bongkar pasangnya Rp 300 ribu," lanjut Ali.

Di bengkel Anugrah Motor, Menurut Ali kebanyakan kami stok produk fast moving Origina Equipment Manufacturer (OEM) karena lebih murah dan kualitasnya juga baik.

"Untuk fast moving kaya oli, minyak rem, kampas rem kebanyakan kami pakai OEM dan konsumen gak masalah karena harganya bisa 1 per 3 lebih murah dari merek asli BMW," paparnya.

Berikut harga komponen fast moving BMW X3:

-Kampas rem depan Rp 750.000.

-Kampas rem belakang Rp 700.000.

-Minyak rem Rp 300.000 plus ongkos.

-Filter oli Rp 85.000.

-Oli mesin 5w-40 Rp 180.000, 10w-40 Rp 110.000.

-Oli gardan Rp 300.000.

-Filter udara Rp130.000.

-Busi Rp 60.000.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa