Wow, VW Tiguan Allspace Rakitan Lokal, Lebih Murah Dibanding CBU

Nabiel Giebran El Rizani - Sabtu, 5 Oktober 2019 | 21:52 WIB
Volkswagen TIguan Allspace yang dirakit di pabrik Volkswagen di Indonesia.
Pradana/GridOto.com
Volkswagen TIguan Allspace yang dirakit di pabrik Volkswagen di Indonesia.

Jip.co.id - PT Garuda Mataram Motor (GMM) selaku APM Volkswagen di Indonesia telah melakukan perakitan terhadap VW Tiguan Allspace di dalam negeri.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, Presdir PT GMM, Andrew Nasuri, mengatakan bahwa hal itu dilakukan agar mobil tersebut bisa menjangkau banyak orang.

“Kami sengaja memproduksi VW di Indonesia sehingga lebih banyak orang yang dapat memiliki merek VW, karena dengan diproduksi di Indonesia harga menjadi lebih kompetitif,” ujarnya.

Chief Operating Officer PT GMM, Jonas Chendana, mengatakan bahwa metode perakitan yang mereka pilih adalah Middle Knock-Down (MKD).

“Dari Jerman parts-nya sudah terurai, jadi di sini tinggal dirakit kayak LEGO. Tapi tidak ada coating dan stamping, kalau sudah ada itu namanya complete knock-down,” ujarnya.

(Baca Juga: Berkat Hal Ini, VW Tiguan Allspace Bisa Buat Makin Pede Saat Parkir)

Tapi seberapa besar terpangkasnya harga Tiguan Allspace dengan menggunakan metode MKD di pabrik mereka di CIkampek, Jawa Barat tersebut?

Jonas mengatakan bahwa pihaknya pernah meluncurkan New Tiguan impor dengan harga sekitar Rp 700 juta dengan kurs euro yang sekarang.

“Kalau dilihat sekarang begitu dirakit di sini harganya jadi Rp 598 Juta, lumayan banyak susutnya,” tukas Jonas.

Yup, dengan merakit Tiguan Allspace di Indonesia, harga mobil tersebut bisa mengalami penghematan biaya sebesar kurang lebih Rp 100 juta.

“Tentunya ini menguntungkan konsumen, meskipun kami harus berinvestasi lebih dulu,” pungkasnya.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X