Kia Sportage Diesel 2015, SUV Korea Bermesin Buas dan Juga Irit

Nabiel Giebran El Rizani - Selasa, 8 Oktober 2019 | 12:15 WIB
Kia Sportage diesel
Kia Sportage diesel

Jip.co.id - Mobil bermesin diesel identik dengan keiritan bahan bakarnya.

Kia Sportage diesel yang diperkenalkan sekitar lima tahun lalu ini tidak hanya hemat namun memiliki mesin buas.

Kehadiran Kia Sportage diesel di Indonesia memang telat bila dibandingkan versi bensin. Tetapi kemampuan mesinnya tidak bisa dipandang sebelah mata. Selain irit, ia juga cekatan diajak berakselerasi.

Mesin diesel berkapasitas 1.999 cc ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 177 dk dengan torsi 382 Nm. Torsi yang berlimpah dan tenaga yang besar membuatnya lebih asyik untuk diajak berakselerasi dibanding bensin.

Dari hasil pengetesan kami, akselerasi 0-100 km/jam mampu ditempuh 9,2 detik. Hasil tersebut jauh lebih baik dari tipe bensin yang hanya 12,6 detik. Ini berkat torsi berlimpah yang mampu diraih pada 1.800 rpm.

(Baca Juga: Modifikasi SUV, Kia Sportage Ini Coba Adopsi Gaya yang Berbeda)

Mesin diesel Kia Sportage
Mesin diesel Kia Sportage
Mesin Kia Sportage diesel juga sangat impresif soal keiritan bahan bakar. Menggunakan bahan bakar diesel yang rendah sulfur, konsumsi BBM dalam kota mampu diraih 12,6 km/l. Bahkan saat rute tol jauh lebih irit yakni 17,8 km/l.

Namun, ada sedikit risiko yang harus Anda bayar ketika memilih Kia Sportage diesel. Suara gemeretak khas mesin diesel masih terdengar sayup-sayup hingga ke dalam kabin. Tapi masih dalam batas toleran yang tidak sampai menganggu.

Soal kenyamanan, Kia Sportage diesel mempunyai bantingan suspensi yang sangat empuk. Terlebih profil ban yang dipakai cukup tebal sehingga tetap nyaman ketika melintasi jalanan rusak. Namun ada dampak negatif yakni gejala body roll yang terasa ketika bermanuver di kecepatan tinggi.

Untuk harganya saat ini berada di Rp 220 jutaan.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X