Suzuki Jimny Pakai Mesin Lexus, Tenaganya Jadi Luar Biasa Buas!

Nabiel Giebran El Rizani - Senin, 10 Februari 2020 | 15:10 WIB
Suzuki Jimny
Dok.Otomotif
Suzuki Jimny

Jip.co.id - Pada tahun 2008 silam, sedan boleh saja jadi basis favorit ikutan drag race. Namun lewat basis bodi yang imut dan tergolong ringan ini, Jimny mungil bisa jadi pilihan.

Setelah itu, barulah mengisi tenaga pendorongnya sebagai pengganti mesin asli yang hanya 1.000 cc. Dody Moken, pria yang bermukim di Jambi, Sumsel ini enggak tanggung-tanggung mengisi dengan sebongkah mesin Lexus LS400 tipe 1UZ-FE V8. Dipersenjatai twin turbo tenaganya jadi 505 dk!

Hampir 2 tahun lalu proses modifikasi berat ini dimulai. Pasalnya, membenamkan mesin V8 ke ruang mesin dan jarak sumbu yang relatif pendek, perlu pengaturan instalasi tahap demi tahap.
Mulai dari memisahkan bodi dari sasisnya. Setelah sasis tertinggal, barulah rangkaian mesin beserta transmisi diletakan pada posisi yang diinginkan.

Lewat tangan dingin Nursiyanto, tuner Techno Motor. Letak mounting mesin cukup dimundurkan sekitar 20 cm dari aslinya. Untuk mounting mesin sengaja dipilih dari Daihatsu Taft GT, karena karet lebih besar dari bawaan Jimny.

(Baca Juga: Modifikasi Suzuki Jimny Baru Ini Bisa Bikin Orang Ngeliatin Terus)

Mesin sudah diganti
Dok.Otomotif
Mesin sudah diganti

Walau mesin mundur relatif banyak, kopel ternyata masih punya panjang sekitar 60 cm. Hampir sama dengan panjang kopel aslinya. Hal tersebut, berkat penggunaan girboks Toyota Hiace yang relatif pendek namun kuat mengatasi keberingasan mesin ini.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Nabiel Giebran El Rizani
Sumber : Tabloid OTOMOTIF

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa