Marking Kabel, Salah Satu Cara Anti Bingung Buat Yang Doyan Ngoprek

Bimo SS - Rabu, 10 Juni 2020 | 08:28 WIB
ngoprek yuk
ngoprek yuk

Jip.co.id - Sistem kelistrikan pada jip atau SUV kita tentu melibatkan kabel dalam berbagai ukuran dan kegunaaan.

Selain kabel, pada kendaraan juga ada beragam selang. Baik selang untuk vakum ataupun saluran bahan bakar yang ukurannya beragam. Bagi yang doyan ngoprek jip, perkabelan maupun selang termasuk paling sering diobrak-abrik, walaupun sekedar untuk dibersihkan.

Idealnya, kabel memang memiliki warna berbeda sehingga mempermudah instalasi dan diagnosa kerusakan.

Ngoprek yuk
Ngoprek yuk

Namun sayang, lantaran jip rata-rata sudah berumur, dan sering dipakai bermain lumpur, maka tak jarang kabel- kabelnya pun sudah sangat kotor, sehingga sulit diidentifikasi warnanya.

Malah, sering kali kabel itu sudah dipotong, dan disambung kembali dengan kabel berwarna lain. Maklum, biasanya dikarenakan perbaikan darurat.

Inilah yang terkadang menjadi bumerang saat kita ingin ‘main-main’ di sekitar permasalahan kabel.

Ngoprek yuk
Ngoprek yuk

Keruwetan yang sama pun ditemui pada selang yang malang melintang dalam kompartemen mesin, mulai vacum hingga saluran bensin.

Tidak seperti kabel, slang–slang ini memiliki warna yang nyaris senada, sehingga jika sudah dibongkar, kemungkinan terjadi kesalahan saat merakit kembali sangat besar.

Kondisi ini bisa dihindari dengan memberi tanda pada rangkaian kabel, soket kabel, terminal kabel ataupun selang sebelum pembongkaran.

Caranya mudah, cukup menggunakan isolasi kertas dan spidol permanent marker saja. Lilitkan isolasi kertas pada ujung-ujung kabel maupun selang yang akan dicopot. Pada selotip kertas tersebut kita bubuhkan huruf ataupun angka yang menjadi kode, yang memudahkan saat pemasangan ulang. Mudah kan?

Seperti ini langkah kerjanya

  • Lilitkan isolasi kertas dan kemudian bubuhkan tanda sebelum melakukan pencopotan kabel maupun selang. Tempelkan masing-masing isolasi kertas pada ujung terminal kabel, sambungan kabel maupun selang.
  • Pengkodean sederhana ini akan mempermudah proses instalasi kabel maupun selang. Salah colok kabel maupun selang pun bisa dihindari.
  • Bahan yang diperlukan cukup dengan menggunakan selotip kertas dan spidol permanent marker supaya tidak mudah luntur.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa