Oil Cooler, Salah Satu Jurus Untuk Menjaga Suhu Mesin Mobil Tetap Adem

Bimo SS - Jumat, 19 Juni 2020 | 19:45 WIB
Oil Cooler
Oil Cooler

Jip.co.id - Kondisi jalanan yang kian padat dewasa ini mengakibatkan seringnya sebuah kendaraan terjebak dalam kemacetan parah. Kemacetan yang semakin sulit ditolerir ini ujung-ujungnya berakibat semakin seringnya mesin didera temperatur tinggi.

Temperatur yang tinggi ini tentu saja membebani mesin dan berpengaruh langsung pada viskositas oli. Oli pun menjadi lebih encer.

Hal ini jelas-jelas mempengaruhi kualitas pelumasan pada mesin. “Keadaan oli yang demikian membuat mesin dalam ambang kritis,” tutur Hardy Sitorus dari Eccentri Motorsport.

Keadaan ini bukan berarti tidak ada jalan keluarnya. Penggunaan piranti oil cooler bisa dijadikan salah satu solusi untuk mendinginkan oli tersebut. Piranti yang biasa digunakan pada kendaraan high performance ini berfungsi untuk mendinginkan oli pada mesin yang melaluinya sehingga suhu pada oli dapat diturunkan.

Baca Juga: Masalah yang Sering Ada di Mobil Berpenggerak 4WD

Dengan demikian kekentalan oli tetap terjaga dan pelumasan mesinpun tetap dalam kondisi baik. “Tak ada salahnya piranti ini disematkan pada kendaraan harian loh,” lanjut pebengkel sekaligus speed off-roader ini. “Memang pemasangannya sedikit ribet, terutama pada penempatan unit oli cooler tersebut. Harus mendapatkan tempat yang memiliki sirkulasi udara yang bagus,” tambahnya.

Semakin banyaknya limbah kendaraan termasuk tak ketinggalan limbah oil cooler yang masuk ke Indonesia bisa jadi merupakan angin segar dalam menemukan solusi ini.

“Limbah oil cooler ini jelas meringankan kantong untuk menebus sebuah oil cooler, namun harus cermat untuk memilihnya, oil cooler boleh bekas namun selang maupun klemnya harus disarankan untuk menggunakan kualitas yang bagus. Jangan main-main dengan kualitas selang dan klemnya,” wanti Hardy.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa