Tips Simpel Supaya Range Rover 4.6 HSE Terhindar Dari Kebakaran

Bimo SS - Sabtu, 10 Oktober 2020 | 15:10 WIB
Tips Range Rover 4.6 HSE
Tips Range Rover 4.6 HSE

Jip.co.id - Beberapa kejadian Range Rover P38A terbakar, tertangkap langsung oleh JIP. Kami pun penasaran dan heran, kenapa mobil yang masuk kategori luxury SUV ini, bisa terbakar saat digunakan.

Bahkan, peristiwa terakhir yang sempat jadi viral di dunia maya adalah terbakarnya Range Rover P38A 4.6 HSE di daerah Jakarta Selatan.

Mobil mewah ini hangus terbakar di dekat persimpangan lampu merah Permata Hijau. Kebetulan, JIP saat itu melintas di lokasi, namun kondisi mobilnya sudah habis terbakar.

Rupanya, setelah berbincang dengan penggunanya, memang mobil asal Inggris yang dikenal juga dengan Range Rover 4.6 HSE ini, rawan terbakar. Pemicunya hal yang sangat sepele.

“Awalnya saya juga heran, dapat beberapa info kasus mobil 4.6 HSE terbakar di jalan. Lumayan ngeri dan was-was juga, karena ini salah satu mobil yang sempat saya pakai harian,” ucap Adi Santosa salah satu pengguna setia Range Rover P38A atau 4.6 HSE.

Tips Range Rover
Tips Range Rover

Memang, terbakarnya mobil bermesin V8 ini tidak menimbulkan tanda atau kendala sebelumnya. Tanpa diketahui, api sudah menyala besar dari dalam ruang mesin.

“Masalahnya berawal dari selang rem yang letaknya tepat di atas exhaust manifold. Kalau tidak dirawat dan diperhatikan umur dan kondisinya, selang ini rentan pecah karena hawa panas dari saluran buang” tutur Adi. 

“Di dalam ruang mesin P38A suhunya panas banget. Dan semua bagian-bagian lainnya berdekatan karena keterbatasan ruang. Karena umur mobil sudah cukup tua, biasanya karet-karet seperti selang rem sudah getas akibat suhu ruang mesin yang tinggi,” ucap Budi Komara salah satu pengguna P38A.

Saat karet selang ini pecah atau retak, oli rem pasti akan bocor atau menetes ke manifold. Panas dari manifold atau header inilah pemicu nyala api di dalam ruang mesin. Efeknya, api akan cepat menjalar dan membakar bagian lain di dalam kompartemen mesin.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa