Mengenal Jenis Dan Karakter Bushing Per Daun Yang Beredar Di Pasaran

Bimo SS - Jumat, 13 November 2020 | 19:30 WIB
bushing per
bushing per

Jip.co.id - Suspensi leaf spring (per daun) terdapat bushing yang merupakan penopang sekaligus tempat bertautnya per dengan sasis.

Ada beberapa jenis bushing yang biasa dipakai pada kendaraan. Jenis ini dibedakan dari bahannya. Terdapat tiga macam bushing yang lazim ditemui di pasaran.

bushing per
bushing per

1. Bushing standar, merupakan bawaan asli kendaraan. Biasanya terbuat dari karet. Sifatnya yang lentur dan kenyal memungkinkan suspensi mampu berartikulasi dengan baik.

Namun karena permukaan karet lebih lengket, asas engsel pada suspensi pun tidak maksimal. Hal ini mengurangi kenyamanan. Selain itu umur pakainya tergolong pendek.

Buat yang Belum Tau, Ini Arti Tanda Bulatan Kuning dan Merah Pada Ban

bushing per
bushing per

2. Bushing PU, terbuat dari bahan Polyurethan atau yang biasa disebut dengan PU. Bushing ini lebih keras dibandingkan dengan bushing karet.

Sifat PU yang lebih licin dibandingkan dengan karet membantu artikulasi. Asas engsel berlaku lebih baik dibandingkan dengan bushing biasa, sehingga kenyamanan kendaraan bisa lebih optimal.

Walau tidak sekenyal dan selentur karet, namun eksibilitas bushing ini tergolong bagus dan sepadan dengan bushing dari bahan karet.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa