Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perhatikan Beberapa Hal Ini Sebelum Mengganti Ban Ukuran Besar

Bimo SS - Selasa, 16 Maret 2021 | 08:45 WIB
Utilitas Ban Besar
Utilitas Ban Besar

Jip.co.id - Sebuah jip ataupun SUV akan terdongkrak penampilannya menjadi gagah setelah ban diganti dengan profil lebih kasar dan juga berukuran lebih besar.

Penggantian ban berukuran besar memberikan keuntungan berupa bertambahnya ground clearance, approach angle maupun depature angle.

Sehingga dijadikan solusi wajib untuk menambah kemampuan kendaraan menjelajah daerah yang memiliki kontur permukaan yang buruk.

Namun sebenarnya, ban dengan diameter dan ukuran yang lebih besar menimbulkan efek samping. Pertama, tentunya lebih berat. Penambahan bobot ini tentunya memberikan dampak buruk. “Yang paling sering dihajar adalah kaki-kaki, yang terdiri atas tie-rod, ball joint, disusul bearing dan kemudian as roda,” tutur Bimo Wicaksono dari bengkel Kawan.“Sah-sah saja mengganti ban dengan ukuran yang lebih gede, namun perlu diperhatikan ukurannya. Semakin besar dan jauh dari ukuran standar pabrik, maka bagian-bagian tersebut semakin rentan akan kerusakan,” lanjut Bimo.

“Kondisi setiap kendaraan tidak selalu sama. Kendaraan dengan gardan kekar seperti Land Cruiser tentu tidak bisa disamakan dengan Jeep CJ-7, walaupun keduanya dikatagorikan dalam kelas yang sama,” lanjutnya. “Namun Land Cruiser sekalipun jika menggunakan ban dengan ukuran lebih besar dari aslinya, maka umur perangkat khususnya sektor kaki-kaki menjadi lebih pendek,” tegasnya. “Dengan demikian, penggantian ban lebih besar memiliki imbas dan risiko pada durabilitas dan kekuatan perangkat tersebut,” imbuhnya.

Baca Juga: Land Rover Defender Ini Punya Tenaga yang Istimewa, Jangan Main-Main

Utilitas Ban Besar
Utilitas Ban Besar

Bushing, tie-rod dan ball joint menjadi tokoh utama yang paling dahulu kalah dalam hal ini.

Bagian ini yang paling banyak berinteraksi dengan permukaan jalanan dan terbuat dari berbagai ragam material, besi, plastik dan juga karet.

Karenanya bagian ini paling duluan yang dihajar sebagai efek ban besar. “Hal ini berlaku pada semua jenis kaki-kaki , baik itu rigid axle dengan per daun, coil spring maupun suspensi independen,” jelas Leo Firmanto, salah seorang pebengkel dari Bandung.

“Ban besar memiliki bobot yang lebih besar dan lebih berat untuk digerakkan,” lanjut Leo. Bearing menduduki posisi kedua sebagai bagian yang cepat memble.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa