Tips Fairlead Custom Supaya Pemakai Winch Diferensial Lebih Aman

Bimo SS - Rabu, 17 Maret 2021 | 11:15 WIB
Utilitas Winch
Utilitas Winch

Jip.co.id - Salah satu fenomena peranti recovery yang muncul dan berkembang dengan pesat adalah munculnya PTO (Power Take-Off) hybrid yang lebih dikenal sebagai PTO Setan atau ada juga yang dikenal dengan sebutan winch diferensial.

Jika PTO bekerja dengan putaran rendah dengan rasio 60 : 1 hingga 40 : 1, PTO Setan ini bekerja dengan rasio yang sesuai final gir kendaraan, yang 10 kali lipat dari spesifikasi PTO standar. Dengan demikian PTO Setan tak hanya memilliki kekuatan instan dari mesin, namun juga memiliki kecepatan tarik yang luar biasa. 

Perlu diketahui, bahwa PTO setan bergerak dua arah secara bebas saat kendaraan dikopling, dan tidak memiliki rem otomatis.

Namun yang paling ‘horor’ adalah kisah-kisah seputar sling yang dipergunakan, yang telah merenggut anggota tubuh.

Baca Juga: Sistem Pengereman Mobil Wajib Dicek Secara Rutin Agar Selamat

Utilitas winch
Utilitas winch

Meski begitu, PTO setan sebagai suatu perangkat sakti dalam off-road tetap memiliki pesonanya sendiri. Salah satunya memberi rem terpisah bagi perangkat ini.

Perkembangan selanjutnya terjadi pada fairleadnya, di mana lubang fairlead diperkecil dan hanya menyisakan sedikit celah supaya tambang winch tetap bisa bergerak bebas.

“Caranya dengan mengecilkan lubang, dan membentuk ulang fairlead, tidak lagi memanjang seperti model hawse fairlead, namun cukup berbentuk silinder,” sambung Acung dari Saung Bengkel/Elba.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa