Ngga Mau Tanggung, Suzuki Jimny Ini Sekarang Berubah Jadi 4000cc!

Bimo SS - Rabu, 28 April 2021 | 20:28 WIB
Jimny Cherokee
Jimny Cherokee

Jip.co.id - Modifikasi dengan melakukan swap engine pada sebuah Jimny bukan merupakan hal yang baru. Keluhan akan minimnya tenaga biasanya menjadi pangkal persoalan.

Begitu pun dengan Yohanes Suwarno. Mesin 1000cc bawaan Jimny keluaran 1985 dirasa jauh dari cukup, sementara pemilik ingin yang memiliki tenaga dan torsi besar.

Latar belakang menggunakan mesin besar di masa lalu sepertinya mempengaruhi keputusannya dalam mengganti dapur mesin Jimny kesayangannya. Ide gila pun muncul dengan menghadirkan mesin 6 silinder inline dari Cherokee.

“Memasukkan mesin 4.0 liter 6 silinder terdengar cukup liar, namun sepertinya bakalan sesuai dengan harapan saya, untuk mendapatkan kendaraan ringan dengan mesin perkasa,” kekehnya.

Baca Juga: Fungsi Thermostat Pada Mesin Mobil Untuk Apa?

Karena ruang mesin tidak muat, maka firewall pun akhirnya dicoak seolah 2 silinder dari mesin ambles ke dalam kabin. Tidak ada rekayasa khusus pada mesin 4.000 cc itu, karena performanya sudah lebih dari mencukupi.

Dengan posisi mesin Powertech 242 cu.in 4.0 liter 6 silinder inline OEM XJ Cherokee menjorok, maka otomatis girboks 3 speed milik FJ40 pun ikut berganti posisinya dan nampak lebih mundur.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa