Sarang Karat Yang Biasa Ada Di Bagian Body Suzuki Jimny (Bagian 1)

Bimo SS - Rabu, 28 April 2021 | 20:45 WIB

Jip.co.id - Bodi kecil ringan merupakan salah satu bagian dari kelebihan namun juga salah satu kekurangan Suzuki Jimny. Penggunaan material yang tipis namun sarat dengan ‘tulang­an’ dan menggunakan sistem hollow di lisplang bawah pintu depan yang bisa mengurangi bobot namun tetap kokoh.

Efeknya, pelat tipis ini menjadi tempat empuk bersarangnya karat. meski sudah ada upaya penambahan antikarat, tetap saja karat menyukai. “Pada bodi Jimny terdapat beberapa tempat yang boleh dikatakan kritis akan karat.” ujar H iskhak Thohir dari Bengkel DTM motorsport.

Karat tersebut hadir karena beberapa sebab. Penyebab paling besar tak lain karena korosi yang disebabkan oleh air dan oksigen. Sedangkan sisanya disebabkan oleh hal lainnya seperti air aki,” imbuh pemilik bengkel di kawasan Tanjung Priok Jakarta Utara.

Baca Juga: Fungsi Thermostat Pada Mesin Mobil Untuk Apa?

Lisplang berkarat pada Jimny
Lisplang berkarat pada Jimny

Perbaikan lisplang Jimny bagian dalam.
Perbaikan lisplang Jimny bagian dalam.

Lisplang paling sering terserang karat, hal ini disebabkan konstruksinya dari dua rangkaian plat yang disatukan sehingga membentuk hollow.

Bagian ini rentan akan kelembaban dan kadang luput dan sulit untuk dibersihkan. Terlebih jika Jimny menggunakan karet lisplang­­seperti beberapa trim dalam keluarga Jimny gen 2­­ sehingga besar kemungkinan air dan kotoran akan terperangkap pada tempat tersebut.

Kalau sudah begini, karat akan timbul. Selalu dilihat kebersihannya dan menjaga tetap kering. Sedangkan untuk pencegahan dapat dilakukan dengan memberi lapisan anti karat seperti hammertone.

Perbaikan lisplang bagian luar
Perbaikan lisplang bagian luar

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa