Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Buat yang Belum Tau, Begini Cara Pegang Setir Mobil yang Benar

Nabiel Giebran El Rizani - Senin, 5 Juli 2021 | 07:00 WIB
Ilustrasi posisi tangan pegang setir mobil di arah jam 9 dan 3
F. Yoshi / Otomotif
Ilustrasi posisi tangan pegang setir mobil di arah jam 9 dan 3

 

Jip.co.id - Salah satu faktor yang mendukung kenyamanan dan keselamatan saat mengemudikan mobil adalah cara memegang setir.

Berbagai macam orang memiliki kebiasaan memegang setir yang beragam juga.

Namun, tidak jarang pemilik mobil memegang setir yang sebenarnya salah, tapi sudah menjadi kebiasaan karena hanya mempertimbangkan rasa nyaman saat memegang setir.

"Hal yang paling dasar dalam memegang setir adalah posisikan jarak tangan dengan setir tidak terlalu jauh atau dekat agar pergerakan tangan pada setir tidak terbatas," jelas Jusri Pulubuhu, Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC).

Jusri menambahkan, sudut tekuk siku tangan yang direkomendasikan sebagai ukuran jarak posisi duduk dengan setir adalah 20 sampai 35 derajat.

Baca Juga: Ubahan Land Rover Defender ini, Gantengnya Pakai Banget!!

Faktor ini sebagai pertimbangan untuk mendapatkan posisi duduk yang ergonomis dan pengemudi mudah untuk melakukan manuver.

Untuk cara memegang setir yang benar, hal utama yang perlu diperhatikan adalah bagian telapak tangan harus diposisikan pada bagian luar setir.

Posisi tangan memegang setir harus sejajar pada poros garis lurus.

Tangan kiri di sekitar posisi jarum jam angka sembilan dan tangan kanan di sekitar posisi jarum jam angka tiga, serta posisi jempol tangan diletakkan di batang lingkar setir.

"Jika lingkar setir berukuran 14 inci seperti mobil sedan, posisi tangan kiri berada di jarum jam angka sembilan sampai sepuluh serta tangan kanan pada posisi jarum jam angka dua sampai tiga," tambah Jusri.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa