Gampang! Ganti Kabel Body Set Suzuki Jimny Bisa Dilakukan Sendiri

Bimo SS - Jumat, 10 September 2021 | 11:05 WIB
kabel body jimny
kabel body jimny

Jip.co.id - Usia Suzuki Jimny Generasi 2 keluaran awal ditahun 1982 berarti sudah menginjak usia hampir 40 tahun.

Usia komponen pastinya ada yang butuh diremajakan, semisal kabel set body. Kondisinya wajib diperiksa supaya fungsi kelistrikan pada Jimny kesayangan tetap fit.

Walau sepintas masih dalam kondisi bagus, namun setelah dicermati dan dipegang, kabel tua terasa kaku, keras, dan getas.

Bahkan terkadang ditemui kabel dengan kondisi pembungkus yang pecah. Bisa dipastikan kondisi ini mengakibatkan fungsi penghantar listrik menjadi menurun, dan tak jarang menimbulkan konsleting.

Baca Juga: Tips Rawat SUV, Beginilah Ternyata Cara Pasang Winch Ngumpet

Kabel body Jimny lawas bisa dikawinkan dengan kabel body Suzuki Katana tahun muda menggunakan soket universal.
Kabel body Jimny lawas bisa dikawinkan dengan kabel body Suzuki Katana tahun muda menggunakan soket universal.

Mengganti kabel set body jadi jalan keluarnya, bisa dari rangkaian kabel handmade atau menggunakan kabel set asli Suzuki Genuine Parts (SGP).

“Menggunakan kabel asli Suzuki lebih simpel, pengkodean warna kabel dan mutu sudah sesuai spesifikasi pabrik. Panjang dan dimensinya pun sama dengan kabel lama bawaan Jimny” Ujar Dennis dari MMC.

Berhubung kabel baru yang tersedia merupakan kabel yang dipergunakan oleh Suzuki Jimny Katana, dibutuhkan sedikit penyesuaian untuk pemasangannya pada Jimny lama.

Perubahan hanya pada soket speedometer dan soket lampu belakang, selebihnya semua sama. Bisa memanfaatkan soket bawaan jimny lama yang dikawinkan dengan soket universal.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa