Perhatikan, Jangan Sampai Salah Mencuci Atap Kanvas Jip Kesayangan!

Nabiel Giebran El Rizani - Kamis, 30 September 2021 | 17:15 WIB
Cuci atap kanvas atau soft top
Cuci atap kanvas atau soft top

Jip.co.id - Jip dengan atap lunak atau menggunakan kanvas perlu perawatan dan pemeliharaan tersendiri untuk kanvas atau soft top nya, Jika kotor jip dengan atap kanvas tidak bisa di-cuci langsung layaknya jip hard top.

“Perlu perlakuan khusus baik pada bahan kanvasnya maupun kaca mikanya. Jika salah penanganan kanvas tersebut bisa terlihat kusam dan umurnya pun menjadi lebih pendek,” tutur Tri Handoko dari CBX workshop.

Bahan-bahan yang digunakan pada atap kanvas ini lebih rentan terhadap perubahan temperatur yang cukup ekstrim, khusus untuk bagian yang beningnya lebih rentan terhadap goresan.

Walau terdengar lebih rumit dibandingkan versi hardtopnya, bukan berarti harus mahal untuk dapat mencuci kanvas agar hasilnya baik.

BBaca Juga: Apakah Harus Mobil Bermesin Turbo Menggunakan Oli Khusus Turbo? Ini Penjelasannya

cuci kanvas jip

Yang penting harus tahu kapan waktu untuk mencucinya dan bahan yang dipergunakan. “Jangan menggunakan detergen yang keras cukup dengan menggunakan shampo ataupun sabun pencuci piring, itu pun dengan catatan tidak boleh terlalu banyak komposisinya, dan yang jelas cara mencucinya tidak boleh dilakukan dengan kasar” Tambah Tri Handoko.

Pastikan bahwa kondisi softop tidak dicuci langsung di bawah terik matahari. Carilah tempat yang teduh untuk mendinginkan permukaan softop tersebut hingga tidak terasa panas lagi jika dipegang tangan.

Saat berada di bawah terik matahari, pori-pori bahan kanvas berada dalam kondisi mengembang, sehingga jika diguyur air akan menciut secara tiba-tiba.

Kondisi ini menyebabkan bahan kanvas tertarik (karena mengecil .red) dan mengakibatkan benang jahitan putus bahkan kanvas robek.

Jika sudah dirasa tidak lagi panas, maka guyur dengan air terlebih dahulu, merata di seluruh permukaan kanvas untuk memberikan kesempatan pada bahan kanvas agar menyesuaikan dengan kondisi yang sebelumnya kering. 

“Do not rub dry. Wash with water soaked cloth,” yang kurang lebih berarti ‘jangan diusap (dalam kondisi) kering. Basuh dengan lap yang dibasahi dengan air. Rangkaian petunjuk sederhana ini tercetak di bagian kaca mika lunak pada soft top.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa