Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Alat Ini, Supaya Suhu Mesin Dan Kualitas Oli Tetap Terjaga

Bimo SS - Selasa, 5 Oktober 2021 | 09:30 WIB
Oil Cooler
Oil Cooler

Jip.co.id - Temperatur yang tinggi tentu membebani mesin dan berpengaruh langsung pada viskositas oli. Oli pun menjadi lebih encer.

Hal ini jelas-jelas mempengaruhi kualitas pelumasan pada mesin. “Keadaan oli yang demikian membuat mesin dalam ambang kritis,” tutur Hardy Sitorus dari Eccentri Motorsport.

Penggunaan oil cooler bisa dijadikan salah satu solusi untuk mendinginkan oli tersebut. Piranti yang biasa digunakan pada kendaraan high performance ini berfungsi untuk mendinginkan oli pada mesin yang melaluinya sehingga suhu pada oli dapat diturunkan.

Dengan demikian kekentalan oli tetap terjaga dan pelumasan mesinpun tetap dalam kondisi baik.

Baca Juga: Toyota Hilux Garang, Kaki-kaki Jangkung Plus Aksesori Lengkap, Gas Off-road!

Wajib memilih penempatan oil cooler yang tepat supaya pendinginannya tidak terhambat.
Wajib memilih penempatan oil cooler yang tepat supaya pendinginannya tidak terhambat.

“Tak ada salahnya piranti ini disematkan pada kendaraan harian. Memang pemasangannya sedikit ribet, dan penempatan unit oli cooler tersebut harus mendapatkan sirkulasi udara yang bagus,” tambahnya.

Semakin banyaknya limbah kendaraan termasuk tak ketinggalan limbah oil cooler yang masuk ke Indonesia bisa jadi merupakan angin solusi ini.

“Limbah oil cooler ini jelas meringankan kantong untuk menebus sebuah oil cooler, namun harus cermat untuk memilihnya, oil cooler boleh bekas namun selang maupun klemnya harus disarankan untuk menggunakan kualitas yang bagus," tutup Hardy. 

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa