Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mau Beli Winch Bekas? Wajib Perhatikan Beberapa Hal Berikut!

Bimo SS - Kamis, 14 Oktober 2021 | 11:50 WIB
Tips Winch Bekas
Tips Winch Bekas

Jip.co.id - Dunia 4x4 penuh dengan berbagai peranti bekas atau seken, salah satunya winch. Yang penting kualitas dan biaya yang dikeluarkan tetap ramah pada kantong. Namun, membeli barang bekas tidak gampang. Harus pandai memilih dan memilah, serta tidak tertipu penampilan.

Beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli winch bekas, selain memahami aplikasinya, JipMania juga perlu memahami cara kerja dan komponennya. Kuncinya adalah memastikan kondisi tiap komponen.

Perhatikan bagian kabel sling atau tali plasma. Pastikan kondisinya masih oke dan panjangnya mencukupi. Ulur seluruh sling atau tali plasma dari drum winch sampai habis sambil diperiksa apakah ada serabut yang putus/sling pernah terlipat.

Perhatikan apakah switch solenoid berkarat, ujung kabel yang menempel pada switch sudah kendor/klem kabel tidak rapat lagi.

Baca Juga: Perhatikan Spring Rate, Supaya Bantingan Suspensi SUV Tidak Kacau

Cek fungsinya dengan cara mengoperasikan winch, solenoid akan berbunyi tek begitu remote ditekan.

Bagian motor winch, tekan switch tarik-ulur sling dan dengarkan suara motornya. Jika berisik, dipastikan motor bermasalah. Jika motor winch berputar tanpa beban dan casing luar cepat panas, biasanya bearing as dinamo seret/macet.

Perhatikan casing keseluruhan termasuk bracketnya. Pastikan tidak ada yang retak atau pecah. Jika bodi winch ada yang agak aneh semisal warna cat berbeda dengan bagian lain, patut dicurigai. Untuk konektor remote, pastikan betul pin masih lengkap.

Tidak ada yang bengkok atau patah, sebab hal ini bisa mengakibatkan winch tak bisa dioperasikan.

Pada rumah Gir, bila tuas release drum/clutch lever digeser ke arah freespool, drum sling akan mudah berputar bebas. Sling pun akan mudah diulur dengan cepat tanpa harus menggunakan bantuan motor winch. Namun jika drum tidak bisa bergerak bebas maka sudah dipastikan gir macet atau perlu diservis.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa