Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Piranti Pemutus Arus, Bisa Menyelamatkan Momen Off-Road Dari Bencana

Bimo SS - Jumat, 15 Oktober 2021 | 09:30 WIB
Safety Off-Road
Safety Off-Road

Jip.co.id - Meminjam salah satu jargon kampanye keselamatan dari IOX Adventure Club, “Safety No Compromise”, pemasangan piranti keselamatan pada kendaraan off-road menjadi persyaratan wajib yang tidak bisa ditawar.

Seperti sosialisasi pemasangan Panic Button, Push Emergency Button atau tombol pemutus arus pada saat terjadi kecelakaan.

Sebenarnya fungsi dari panic button tersebut mirip-mirip dengan tombol pemutus arus yang terdapat pada mesin-mesin pabrik atau alat berat. Jika terjadi kesalahan prosedur atau kondisi emergensi dapat dengan mudah memutuskan arus tenaga listriknya untuk mematikan kerja mesin tersebut. 

Bedanya dengan Engine Cut Off yang ada dipasaran, panic button ini sangat mudah pengoperasiannya dan posisi pemasangan diatur menurut regulasi IOF maksimum 50 cm dari roller winch atau mudah terjangkau pada posisi terbuka dan di bagian depan kendaraan dengan tombol berwarna merah mencolok.

Baca Juga: Modifikasi Mercedes-Benz G-Class Istimewa, Gak Tega Dipakai Off-Road

Posisi Panic Button harus mudah dijangkau dan terlihat mencolok.
Posisi Panic Button harus mudah dijangkau dan terlihat mencolok.

Panic button ini harus mudah dijangkau. Baik itu dijangkau oleh navigator sendiri ketika berada di luar kendaraan misal sedang melakukan winching.

“Atau ditujukan untuk orang luar, semisal marshall, atau petugas lintasan supaya mudah mengoperasikannya jika terjadi kecelakaan,” ujar Wahyu Lamban Jatmiko, off-roader nasional.

Alasan penggunaan tombol panic button karena kemudahannya dalam memutus arus, hanya dengan cara ditekan saja. Secara psikologis, dilihat dari bentuknya oleh orang awam mudah mengoperasikannya. Maka bentuk paling efektif adalah push button cut off.

Yang perlu diperhatikan pada saat memasang adalah kapasitas dari panic button, jika kapasitasnya kurang malah membahayakan. Bisa terjadi konsleting atau malah putus arus secara tiba-tiba.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa