Freon AC Perlu Diisi Ulang Terus Menerus, Perlu Gak Sih?

Nabiel Giebran El Rizani - Kamis, 28 Oktober 2021 | 17:20 WIB
Ilustrasi Ac mobil
Dok. Auto2000
Ilustrasi Ac mobil

Jip.co.id - AC adalah komponen penting yang memiliki fungsi untuk membuat sejuk udara di dalam kabin ketika perjalanan.

Tak cuma sebagai penyejuk, AC juga memiliki fungsi untuk mencegah kaca mobil tidak berembun saat hujan.

Namun, AC mobil kerap terasa tidak dingin, beberapa pemilik kendaraan hanya melakukan pengisian freon saja untuk menjaga AC tetap dingin, benarkah demikian?

Baca Juga: Alasan Air Radiator Alias Coolant Banyak Macam Warna

Secara normal, freon AC tidak akan berkurang atau habis selama komponen-komponen AC tidak mengalami kerusakan atau kebocoran.

"Freon AC sebenarnya tidak perlu diisi ulang, kalau ada indikasi kerusakan katakanlah kebocoran, diisi freon saja memang bisa dingin tapi itu enggak bertahan lama," kata Gesang, Kepala Bengkel Suzuki Karawaci, Tangerang.

"Kalau diindikasikan freon AC berkurang, solusinya bukan cuma ditambah freon saja, tapi kita analisa, biasanya itu karena adanya kebocoran, sebab freon AC mobil yang normal atau wajar tidak akan berkurang dan habis," katanya.

"Di bengkel Suzuki pengecekan AC dengan memasukkan kamera kecil seperti endoskopi, apakah ada lubang atau kerenggangan di karet seal sambungan slang pipa, itu salah satu indikasi mengapa freon bocor," katanya.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa