Enggak Perlu Turbo, Mesin Daihatsu Taft Tetap Ngacir, Ini Jurusnya

Bimo SS - Selasa, 2 November 2021 | 23:52 WIB
Daihatsu Taft Diesel Tune-Up
Daihatsu Taft Diesel Tune-Up

jip.co.id - Mesin diesel non-commonrail seperti milik Daihatsu Taft hampir pasti sudah kurang bertenaga lagi karena umur pemakaian. 

Dengan beberapa jurus, Reizy Viraldi dari bengkel XCTOS bisa mengembalikan tenaga mesin DL milik Taft ini, bahkan lebih maknyus dari aslinya.

“Diesel lawas masih bisa dioptimalkan dengan oprekan sederhana. Tidak perlu otak atik mesin dan tanpa memasang turbo,” ujar Reizy.

Baca Juga: Mesin Daihatsu Taft Bisa Dibikin Ngacir Pakai Jurus Ini! (1)

Caranya cukup sederhana. Ganti filter yang ada di mesin dan bagian nosel solar. Setelah itu, bisa dilanjutkan dengan penyetelan celah klep.

Pada mesin DL standar, celah klep dipatok pada angka 0,25 mm baik in maupun ex. Reizy mengubahnya dengan gap 0,20 mm untuk klep in, dan 0,18 untuk klep ex.

Volume bahan bakar ditambah dengan melakukan penyetelan pompa solar, diputar 45 derajat pada leveler dan timing dimajukan 1 derajat.

Tujuannya supaya bahan bakar yang diminta mesin selalu memadai. 


Editor : Toncil

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa